Lazada Masih Jadi E-Commerce Paling Populer

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 15 Nov 2017 16:08 WIB
tokopedialazadabukalapake-commerce
Lazada Masih Jadi E-Commerce Paling Populer
Ilustrasi. (REUTERS/Thomas White/Illustration/File Photo)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pada tanggal 11 November lalu, banyak situs e-commerce yang memberikan promosi dan juga diskon. Beberapa situs e-commerce yang menawarkan diskon antara lain Bukalapak, Lazada, Zalora, Shopee, Blanja, Blibli, Elevenia, dan lain sebagainya. 

iPrice kemudian melakukan riset untuk mengetahui tingkat popularitas toko-toko online yang menggelar promosi pada 11 November. Dalam risetnya, iPrice memilih 5 situs e-commerce ternama, yaitu Bukalapak, Lazada, Shopee, Tokopedia dan Zalora. 

Pengukuran popularitas dilakukan dengan data yang ada di Google Trends. iPrice melakukan perbandingan popularitas berdasarkan waktu dan wilayah. Menurut iPrice, Lazada menjadi situs e-commerce paling populer pada 11 November.

Perusahaan di bawah Alibaba itu mendominasi 21 provinsi. Posisi Lazada diikuti oleh Shopee yang mendominasi 11 provinsi dan Bukalapak yang menguasai 2 provinsi. 



Tidak heran jika Lazada mendominasi mengingat sebelum tanggal 11 lalu. mereka sudah banyak memasang iklan promosi tentang 11.11. Iklan ini muncul di dunia nyata maupun dunia maya, seperti melalui media sosial. Lazada juga mengajak para influencer di media sosial untuk bekerja sama. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan momen 11.11. 

Shopee mendominasi popularitas di 11 provinsi, khususnya Kalimantan dan Sulawesi. Pada situsnya, Shopee mengiklan bahwa mereka menawarkan diskon besar-besaran hingga 90 persen untuk berbagai produk. Sementara Bukalapak mendominasi di Nusa Tenggara Barat dan Maluku Utara. 

Sementara itu, dari segi waktu, popularitas Lazada memuncak pada pukul 1 pagi dan 1 siang. Alasannya adalah karena Lazada menggunakan strategi flash sale, yaitu promosi yang hanya berlaku dalam waktu singkat.



Menariknya, Tokopedia, yang tidak melakukan promosi pada 11 November, tetap memiliki popularitas yang cukup tinggi dari data Google Trends. Seperti yang bisa Anda lihat pada grafik di atas, Shopee dan Bukalapak saling bersaing ketat untuk mendapatkan perhatian pelanggan. 

Sayangnya, setelah 11 November berlalu, tingkat popularitas toko-toko online ini juga menurun. 


(MMI)