CES 2018

NVIDIA Perkenalkan TV Gaming 65 Inci

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 10 Jan 2018 17:56 WIB
ces 2018
NVIDIA Perkenalkan TV Gaming 65 Inci
Monitor 65 inci dengan teknologi NVIDIA G-Sync.

Jakarta: Memainkan sebuah game di layar PC atau laptop sesungguhnya menampilkan performa yang berbeda dibandingkan bermain di televisi. Mengapa?

Tidak peduli seberapa besar layar televisi tersebut apabila perangkat tersebut tidak memlilki kemampuan fresh rate display dan frame rate yang disajikan oleh kartu grafis yang dibenamkan dalam dapur pacu PC atau laptop gaming maka gambar yang tampil akan bermasalah.

Saat hal ini terjadi maka Anda akan menemukan screen tearing atau bagian gambar yang tampak terpotong dan tersendat di beberapa bagian. Oleh sebab itu, layar monitor PC mampu menyajikan pengalaman lebih baik.



Solusi untuk permasalah tersebut sudah ditemukan oleh NVIDIA yang di ajang CES 2018 Las Vegas, Amerika Serikat hari ini memperkenalkan TV gaming berukuran 65 inci yang mendukung game dalam ukuran layar yang lebih besar, seperti dilaporkan The Verge.

Secara fisik sebetulnya layar 65 inci ini adalah sebuah monitor raksasa, tapi dengan NVIDIA Shield monitor ini memiliki fungsi lain sebagai Android TV yang bisa menjalankan aplikasi Android serta mengakses beragam TV streaming.

NVIDIA sendiri menyebut monitor raksasa ini dengan nama BFGD (Big Format Gaming display) dengan teknologi NVIDIA G-Sync. Teknologi ini membuat monitor 65 inci memiliki kemampuan adapsi terhadap fresh rate dan frame rate yang dihasilkan oleh kartu grafis.



Kembali pada kasus televisi yang dijelaskan di atas, yang terjadi adalah fresh rate dan frame rate yang dihasilkan dipaksakan mengikuti kemampuan panel layarnya. NVIDIA menuturkan bahwa pihaknya tengah bekerja sama dengan Acer, ASUS, dan HP untuk menyediakan monitor dengan teknologi besutan NVIDA ini.

Untuk yang dipamerkan oleh NVIDA kali ini memiliki kemampuan refresh rate 120Hz yang mampu menghasilkan resolusi True HDR dan 4K. NVIDIA masih bungkam terkait harga dan tanggal produksi.

Mengingat kemampuannya yang merangkum TV sekaligus monitor gaming maka perangkat ini akan cukup laris saat sudah dirilis ke pasar. Sayangnya, panel layar yang digunakan masih sebatas LCD jadi kualitas gambarnya tidak jauh lebih baik dari panel OLED yang harga produksi juga lebih mahal.


(MMI)

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018
CES 2018

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018

1 day Ago

Lenovo perkenalkan keluarga baru ThinkPad X1 yang terdiri dari tiga jenis perangkat sekaligus d…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.