Celah Keamanan Ponsel Asalnya Kebiasaan Jelek Pengguna

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 10 Oct 2017 21:14 WIB
androidgooglecyber security
Celah Keamanan Ponsel Asalnya Kebiasaan Jelek Pengguna
Statistik jumlah pengguna perangkat Android dan aplikasi yang disediakan oleh Google Play Store

Metrotvnews.com, Jakarta: Pihak Google mengklaim bahwa sistem keamanan mereka, terutama untuk perangkat Android sudah sangat bagus.

"Sebagai sistem operasi paling populer dan menjadi ekosistem terbesar, tentu kami sadar bahwa kami juga harus membekali dengan sistem keamanan," tutur Adrian Ludwig, Director Android Security Google pada video conference hari ini di kantor Google Indonesia (10/10/2017).

"Namun, sistem keamanan yang sudah disediakan kerap masih memiliki celah, dan serangan yang masuk sebetulnya diakibatkan oleh penggunanya." 

Adrian memberikan bukti pertamanya dengan mengutip salah satu kebiasaan buruk pengguna gadget, yakni tidak mengunci layar atau menggunakan lockscreen pada perangkatnya. Mungkin terdengar remeh, tapi menurut Adrian langkah sederhana ini justru sangat penting.

"Sistem keamanan yang kebobolan itu tidak selalu karena serangan malware lewat aplikasi, kadang penggunanya sendiri juga lalai. Dengan mengunci layar artinya perangkat tersebut berada di pengawasan kita," beber Adrian.

Lalu, yang tidak kalah pentingnya menurut Adrian, pengguna perangkat harus rajin melakukan backup data mereka di smartphone. Apabila skenario terburuknya perangkat Anda terserang malware atau hilang, data pribadinya bisa tetap aman dan masih bisa diakses.

"Selama fitur atau aplikasi tersebut Anda update, maka sistem keamanan di perangkat Anda terjamin. Aplikasi Google Play Protect yang sudah kami buat juga sudah sangat menjamin perangkat Anda aman," imbuh Adrian.

Adrian mengingatkan agar pengguna perangkat Android hanya mengunduh aplikasi yang disediakan oleh Google Play Store atau yang resmi. Jangan pernah mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak jelas, sebab selain berisi malware aplikasi tersebut tidak berjalan optimal pada perangkat Anda sehingga efek kerusakannya bisa sangat parah.

Terakhir menurut Adrian, pengguna sistem operasi Android dan layanan milik Google sebaiknya mengaktifkan fitur sistem otentifikasi akun berlapis seperti 2-factor authentification Google Service, sehingga setiap ada pihak yang mencoba mengakses akun tanpa izin, Anda lebih dulu menerima pemberitahuan. 


(MMI)

Andromax Prime, Begini Rasanya Pakai Ponsel 4G Rp300 Ribu
Review Smartphone

Andromax Prime, Begini Rasanya Pakai Ponsel 4G Rp300 Ribu

2 days Ago

Andromax Prime adalah feature phone sekaligus smartphone yang tepat bagi kalangan pengguna laya…

BERITA LAINNYA
Video /