Pengirim Pesan Anonim Secret Siap Hidup Lagi

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 15 Nov 2016 08:06 WIB
teknologi
Pengirim Pesan Anonim Secret Siap Hidup Lagi
David Byttow (kanan) dan Chrys Bader-Wechseler (kiri). (Forbes)

Metrotvnews.com: Secret, aplikasi berbagi informasi anonim yang dikembangkan oleh David Byttow dan Chrys Bader-Wechseler, tampaknya akan kembali diluncurkan.

Ia merupakan aplikasi anonim seperti Whisper dan YikYak. Namun, setelah mendapatkan banyak kritik terkait privasi dan cyber bullying, Secret tutup pada bulan April 2015.

Secret memungkinkan penggunanya untuk membuat status pendek terkait sebuah rumor secara anonim. Post dalam bentuk teks tersebut mengandung banyak informasi detail yang hanya diketahui oleh beberapa orang.

Meskipun nama sang pengunggah tidak tertulis, tapi informasi lain seperti lokasi akan muncul dalam post itu, sehingga tidak sulit untuk menebak siapa yang mengunggah informasi tersebut.

Startup ini menemui masalah besar saat beberapa anggota tim yang penting, termasuk Bader-Wechseler, meninggalkan perusahaan secara mendadak. Meskipun Secret telah berhasil mendapatkan investasi sebesar USD35 juta (Rp469,7 miliar), ia pada akhirnya memecat setengah karyawannya.

Peluncuran versi kedua ini disampaikan oleh mantan co-founder Secret melalui sebuah post pada akun Facebook pribadinya. Di sana dia berkata, "Secret V2 akan tiba. Ia terlalu penting untuk menghilang begitu saja."

Byttow sempat berbicara dengan TechCrunch setelah membuat pesan itu. Dia berkata, pemilu di AS baru-baru ini telah mendorongnya untuk membuat aplikasi Secret kembali. "Kelemahan media sosial sekarang ini HARUS diselesaikan, dan saat ini, inilah cara yang saya tahu untuk menyelesaikannya," kata Byttow.

Media sosial dianggap memiliki peran penting dalam pemilu AS kali ini, terutama Facebook yang dituduh menyebarkan berita palsu dan informasi salah pada masyarakat pada masa pemilu. CEO Facebook Mark Zuckerberg memberikan pembelaan akan media sosialnya.

Sebagian orang percaya, media sosial bersalah karena memberikan berita yang tidak netral, sehingga menyebabkan perpecahan di AS dan menyebabkan melebarnya jurang ideologi konsevatif dan ideologi liberal. Hal inilah yang ingin Byttow selesaikan dengan Secret yang baru.

"Orang-orang tidak memiliki tempat untuk menjadi diri mereka sendiri, khususnya di hadapan orang-orang yang mereka kenal," kata Byttow. "Terlalu ada banyak hal yang harus ditakuti."

Meskipun begitu, Byttow berkata, kali ini, dia ingin mengembangkan Secret dengan benar. Untuk itu, dia akan berhati-hati. Dia juga berkata, jika dia merilis versi baru dari Secret, dia tidak akan menjadikan mendapatkan uang sebagai tujuannya. 

"Jika Secret kembali ada, ia harus dapat menyokong dirinya sendiri dan bebas dari konflik kepentingan," kata Byttow. 


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /