Drone Internet Facebook Rusak

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 22 Nov 2016 11:29 WIB
internetfacebook
Drone Internet Facebook Rusak
Aquila, drone milik Facebook. (Facebook via AP)

Metrotvnews.com: Drone yang Facebook ingin gunakan untuk memberikan akses internet ke seluruh dunia, Aquila, mengalami kerusakan struktur dalam tes penerbangan pertamanya. Kejadian ini sekarang sedang diselidiki oleh Dewan Keamanan Transportasi Nasional (NTSB), lapor Bloomberg.

Facebook tidak memberikan banyak informasi terkait kerusakan struktur pada Aquila, yang terjadi ketika drone ini hendak mendarat. Pada The Verge NTSB menyebutkan, laporan terkait kejadian ini akan selesai dalam waktu 1 - 2 bulan.

Pada tanggal 21 Juli, Facebook mengumumkan bahwa mereka telah selesai melakukan uji penerbangan dari Aquila. Dalam penerbangan yang diadakan pada tanggal 28 Juni, tim Aquila menyebutkan bahwa tes penerbangan Aquila ini sukses. Acara ini dihadiri oleh CEO Mark Zuckerberg dan media, yang memiliki kesempatan untuk mewawancara Zuckerberg dan tim Aquila.

Namun, ketika itu, Facebook tidak memberitahukan awak media bahwa Aquila mengalami kerusakan struktur atau NTSB sedang melakukan penyelidikan terkait kerusakan ini. Facebook hanya membahas tentang kerusakan ini secara sekilas dalam sebuah blog post yang dipublikasikan pada tanggal 21 Juli.

"Kami masih menganalisa hasil dari pengujian ini, termasuk kerusakan struktur yang terjadi sebelum pendaratan," tulis Facebook dalam blog tersebut.

Untungnya, tidak ada yang terluka karena kerusakan struktur ini dan di tempat pendaratan Aquila juga tidak mengalami kerusakan, kata NTSB. Namun, drone Facebook ini mengalami kerusakan yang cukup signifikan, kata sang juru bicara. Sebuah pesawat dinyatakan mengalami kerusakan cukup signifikan jika ia tidak lagi bisa terbang.

Facebook menolak untuk memberikan komentar lebih lanjut terkait kejadian ini, menyebutkan bahwa masalah ini telah diinvestigasi. Sebelumnya, mereka berkata bahwa pengujian penerbangan seperti ini memang didesain sebagai stress test. Karena itu, mereka tidak heran jika ada masalah seperti kerusakan pada struktur drone ini.

Namun, tidak diketahui mengapa Facebook tidak mengumumkan kejadian rusaknya Aquila ini secara terbuka.


(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

5 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /