Telkomsel Targetkan Tumbuh 10% Tahun Depan

Insaf Albert Tarigan    •    Jumat, 25 Nov 2016 10:27 WIB
telkomsel
Telkomsel Targetkan Tumbuh 10% Tahun Depan
Ilustrasi: Payments

Metrotvnews.com, Bandung: Telkomsel menargetkan bisnisnya akan tumbuh 9-10 persen pada tahun 2017, seiring dengan prediksi pertumbuhan industri telekomunikasi Indonesia yang dirilis beberapa lembaga riset.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan, salah satu fokus Telkomsel tahun depan adalah mengembangkan Tcash. "Pada Q3 2016, jumlah pengguna Tcash sudah mencapai 1 juta. Tahun depan harapannya bisa lebih besar lagi," kata Ririek dalam acara Media Gathering Telkomsel, Bandung, Kamis (24/11/2016).

Pengembangan Tcash, kata Ririek, sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk mengurangi transaksi tunai, sekaligus membantu masyarakat mendapatkan akses perbankan. Telkomsel berencana akan merangkul lebih banyak bank sebagai mitra, dan juga perusahaan retail.

"92 persen transaksi kita masih tunai. Akan kita dorong nontunai," katanya.

Ririek optimistis, Tcash akan bisa tumbuh sesuai harapan karena sejatinya ia bukanlah saingan produk perbankan. "Tcash fungsinya satu untuk payment, lainnya memberikan layanan perbankan. Jadi kita tidak bersaing dengan bank, tapi memfasilitasi bank agar bisa menjangkau daerah remote," ujarnya.

Lebih lanjut, Ririek menjelaskan, pertumbuhan 9-10 persen datang dari berbagai sektor. Pertumbuhan sektor legacy SMS dan voice diperkirakan akan melambat dan mungkin hanya single digit, sedangkan data dan broadband memberi kontribusi terbesar terhadap revenue.

"Digital services kontribusinya masih kecil, tapi tumbuhnya bisa lebih besar lagi," katanya.

Selain Tcash, bisnis layanan digital Telkomsel cukup beragam, dari konten video HOOQ, Internet of Things sampai Machine to Machine. Khusus untuk konten video, Telkomsel berencana akan terus mengembangkannya karena data menunjukkan, sebagian besar pengguna 4G LTE senang menonton video.

"Traffic data 70-80 persen digunakan untuk video dalam berbagai bentuk, termasuk YouTube. Kita juga akan prioritaskan layanan video, musik, dan game serta ecommerce," kata Ririek.


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /