Server Cloud Alibaba Gunakan Hardware AMD

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 17 Oct 2016 11:54 WIB
amdalibaba
Server Cloud Alibaba Gunakan Hardware AMD
Meski pada dasarnya adalah perusahaan e-commerce, namun Alibaba juga menyediakan layanan cloud

Metrotvnews.com: Raksasa e-commerce Tiongkok, Alibaba, baru saja mengumumkan kerja samanya dengan AMD. Dalam kerja sama tersebut, Alibaba akan menggunakan perangkat AMD dalam server cloud miliknya. Kerja sama ini akan sangat menguntungkan AMD, yang saat ini masih berusaha keras untuk bersaing dengan kompetitor utamanya, yaitu Intel dan NVIDIA.

Dampak dari kerja sama AMD dengan Alibaba kali ini juga telah dapat dilihat. Menurut Fortune, saham AMD dilaporkan naik sebesar 5 persen pada hari Jumat (14/10/2016) kemarin. Kenaikan tersebut menambah jumlah kenaikan saham AMD yang dilaporkan telah meningkat hingga 126 persen sepanjang tahun 2016.

Menurut AMD, Alibaba akan menggunakan Radeon Pro sebagai bagian dari infrastruktur cloud server-nya. Pada dasarnya, Alibaba memang perusahaan e-commerce, tapi mereka juga menyediakan layanan cloud seperti Amazon Web Services dan Microsoft Azure. Layanan yang diberikan oleh Alibaba juga beragam, mulai dari penyimpanan data hingga layanan software.

Saat ini pasar server cloud memang masih didominasi oleh produk dari Intel. Namun, pembuat chip grafis seperti AMD dan NVIDIA mulai dapat mengejar ketinggalannya. Hal tersebut dikarenakan chip grafis pada dasarnya mampu melakukan pemprosesan secara simultan, sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh komputer server cloud.

Karena itu, tidak heran jika produk seperti AMD Fire Pro dan NVIDIA Tesla mulai banyak dilirik oleh berbagai perusahaan penyedia layanan cloud.


(MMI)