WWDC 2016

Siri Menjadi Semakin Canggih di iOS 10

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 14 Jun 2016 10:14 WIB
wwdc 2016
Siri Menjadi Semakin Canggih di iOS 10
Craigh Federighi saat memperkenalkan iOS 10.

Metrotvnews.com: Salah satu platform yang menjadi sorotan dalam ajang WWDC 2016 hari ini adalah iOS. Senior VP of Software Engineering, Apple, Craigh Federighi, mengatakan bahwa rilis iOS 10 akan menjadi rilis penting bagi pengemabng dan "rilis terbesar untuk para pengguna". Mengingat Apple menawarkan 10 fitur baru, perkataan Craigh ini mungkin bukanlah hal yang terlalu dibesar-besarkan. 

Apple menjelaskan, perubahan pertama yang mereka lakukan adalah dari segi pengalaman penggunaan. Salah satunya adalah dengan membuat fitur yang disebut Raise to Wake. Dengan fitur ini, Anda akan dapat melihat notifikasi yang ada pada iPhone tanpa harus menyentuh tombol apa pun. 

Memanfaatkan 3D Touch, Apple juga menawarkan notifikasi yang lebih kaya, yang memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan aplikasi tanpa harus membuka lock screen. Craigh mencontohkannya pada pada aplikasi messaging. Dengan 3D Touch, Anda dapat membuka notifikasi pesan, mengirim pesan dan menerima foto atau video tanpa harus membuka lock screen. Dan fitur ini juga dapat bekerja pada aplikasi buatan pihak ketiga.

Selain itu, 3D Touch kini juga dapat digunakan untuk membersihkan semua notifikasi yang Anda terima. Apple juga memudahkan pengguna untuk mengakses kamera (dengan melakukan swipe ke sebelah kiri) dan widget (dengan melakukan swipe ke arah sebaliknya).

Fokus kedua dari Apple pada iOS adalah pada Siri. Craigh menyebutkan, Siri mendapatkan 2 miliar pertanyaan/permintaan dari pengguna iOS dalam satu minggu. Namun, dia percaya, Siri akan menjadi berkembang lebih baik lagi karena Apple akan membuka Siri untuk para developer

Craigh mencontohkan bagaimana Siri akan dapat digunakan untuk membuka aplikasi messaging, dengan WeChat sebagai contoh, dan membuat pesan balasan. Dan hal ini dapat Anda lakukan dengan perintah suara. Siri juga dapat diperintahkan untuk melakukan hal tersebut dengan perintah yang beragam.

Jadi, Anda tidak harus mengingat sebuah kalimat untuk mengaktifkan Siri melakukan ini. Selain WeChat, beberapa aplikasi yang dapat berinteraksi langsung dengan Siri adalah WhatsApp, Uber, Didi di Tiongkok, Runtastic, Skype dan lain sebagainya.

Fitur ketiga yang Apple perkenalkan pada iOS 10 adalah Quick Type. Apple menggunakan kecerdasan Siri pada keyboard, sehingga prediksi kata yang muncul akan menjadi lebih akurat. Selain itu, Siri juga akan memberikan saran berdasarkan tempat Anda berada, jadwal di kalender dan informasi lainnya.


(ABE)

Video /