Ada Sosok El Santo di Google Doodle Hari Ini, Siapa Dia?

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 23 Sep 2016 11:27 WIB
google
Ada Sosok El Santo di Google Doodle Hari Ini, Siapa Dia?
Rodolfo Guzmán Huerta diabadikan di Google Doodle hari ini

Metrotvnews.com, Jakarta: Jika Anda membuka mesin pencari Google hari ini, Anda akan disajikan dengan sosok wajah mengenakan topeng. Anda juga bisa menggeser gambar tersebut dan melihat beberapa beberapa gambar tambahan yang menggambarkan sosok pegulat bertopeng. Siapa dia sebenarnya?

Ia adalah Rodolfo Guzmán Huerta, seorang pegulat profesional, aktor film, dan tokoh masyarakat yang lebih dikenal sebagai El Santo (The Saint). Bersama dengan Blue Demon dan Mil Máscaras, El Santo merupakan tokoh ikonik dari masyarakat Meksiko. Bahkan ia dianggap sebagai salah satu legenda paling terkenal di Meksiko. Saking terkenalnya, El Santo sudah muncul di banyak komik dan film lokal.



Lahir sebagai anak ke-5 dari tujuh bersaudara di Tulancingo, Guzmán merupakan sosok yang sangat cinta dengan olehraga. Sejak kecil Guzmán telah gemar bermain sepak bola dan dari sana ia mulai tertarik ke dunia gulat. Guzmán mengawali karirnya sebagai pegulat pada tahun 1934. Ia terus menjalani karirnya tersebut hingga hampir lima dekade dan pensiun di tahun 1982.

Di sela-sela karirnya, Guzmán juga berprofesi sebagai aktor film. Awal karirnya sebagai aktor dimulai pada tahun 1958 dan selama karirnya ia telah membintangi setidaknya 52 film, dan hadir di salah satu film yang diproduksi di Amerika Serikat. Namun, menurunnya minat terhadap film gulat di tahun 1977 membuatnya harus berhenti sebagai aktor film.



Guzmán meninggal pada bulan Februari 1984, atau dua hari setelah penampilannya di salah satu stasiun televisi nasional Meksiko. Dalam penampilan terakhirnya tersebut, Guzmán sempat melepas topengnya beberapa saat hingga wajahnya terlihat di hadapan publik. Ia dimakamkan di Mexico City bersama dengan topeng lengendarisnya.


(MMI)

Video /