Google Duo Jadi Penerus Hangouts

Lufthi Anggraeni    •    Sabtu, 08 Oct 2016 08:41 WIB
google
Google Duo Jadi Penerus Hangouts
Google akan menggantikan Hangouts dengan Duo sebagai aplikasi bawaan wajib pada smartphone Android.

Metrotvnews.com: Saat Google mengumumkan Allo dan Duo pada Google I/O tahun ini, sejumlah pihak menyatakan kebingungannya terkait dengan cara kedua platform tersebut terintegrasi dengan solusi pesan lain yang lebih dahulu ditawarkan oleh Google.

Google juga sempat mengungkap pada Agustus lalu bahwa perusahaan asal Amerika Serikat tersebut tidak akan menghentikan peredaran Hangouts. Namun, Google menyebut mengubah fokusnya lebih kepada pasar enterprise dibandingkan pasar konsumen.

Transisi ini kini diwujudkan Google dengan mengumumkan bahwa Hangouts tidak lagi akan menjadi aplikasi bawaan pada smartphone Android mulai Desember tahun ini. Pengumuman ini diedarkan Google melalui email kepada sejumlah mitra Google Mobile Service pada 5 Oktober lalu.

Pada email tersebut, Google menyatakan bahwa Google Duo akan menggantikan Hangouts sebagai bagian dari rangkaian aplikasi GMS inti. Hangouts akan menjadi aplikasi opsional GMS untuk produk komunikasi telepon, seperti yang dilaporkan Phone Arena.

Pergantian Hangout ke Duo ini dinilai sesuai, sebab Google Duo dan Allo ditujukan untuk berfungsi secara sinergi, dengan Duo menawarkan panggilan video dan Allo menangani percakapan berbasis teks. Kedua aplikasi ini dinilai menarik sebab menawarkan fitur yang menarik, namun Google perlu berusaha lebih keras untuk mendorong keduanya agar memiliki basis pengguna yang stabil.

Sementara itu, Hangouts tetap akan dapat ditemukan pada Play Store sebagai salah satu aplikasi yang dapat diunduh, jika pengguna ingin menggunakannya pada smartphone Android keluaran tahun depan. Hal ini menjadi langkah besar Google dalam menarikn Hangouts dari pasar konsumer dan mendorongnya ke pasar enterprise.

Sebelumnya aplikasi Google Duo ini diprediksi akan menjadi lebih populer dibandingkan dengan aplikasi game Pokemon Go. Sementara itu, pada pengumumannya Google Allo yang telah diunduh sebanyak lebih dari satu juta kali, Google juga mengumumkan Duo telah diunduh oleh lima juta pengguna.


(MMI)