Google Duo Jadi Penerus Hangouts

Lufthi Anggraeni    •    Sabtu, 08 Oct 2016 08:41 WIB
google
Google Duo Jadi Penerus Hangouts
Google akan menggantikan Hangouts dengan Duo sebagai aplikasi bawaan wajib pada smartphone Android.

Metrotvnews.com: Saat Google mengumumkan Allo dan Duo pada Google I/O tahun ini, sejumlah pihak menyatakan kebingungannya terkait dengan cara kedua platform tersebut terintegrasi dengan solusi pesan lain yang lebih dahulu ditawarkan oleh Google.

Google juga sempat mengungkap pada Agustus lalu bahwa perusahaan asal Amerika Serikat tersebut tidak akan menghentikan peredaran Hangouts. Namun, Google menyebut mengubah fokusnya lebih kepada pasar enterprise dibandingkan pasar konsumen.

Transisi ini kini diwujudkan Google dengan mengumumkan bahwa Hangouts tidak lagi akan menjadi aplikasi bawaan pada smartphone Android mulai Desember tahun ini. Pengumuman ini diedarkan Google melalui email kepada sejumlah mitra Google Mobile Service pada 5 Oktober lalu.

Pada email tersebut, Google menyatakan bahwa Google Duo akan menggantikan Hangouts sebagai bagian dari rangkaian aplikasi GMS inti. Hangouts akan menjadi aplikasi opsional GMS untuk produk komunikasi telepon, seperti yang dilaporkan Phone Arena.

Pergantian Hangout ke Duo ini dinilai sesuai, sebab Google Duo dan Allo ditujukan untuk berfungsi secara sinergi, dengan Duo menawarkan panggilan video dan Allo menangani percakapan berbasis teks. Kedua aplikasi ini dinilai menarik sebab menawarkan fitur yang menarik, namun Google perlu berusaha lebih keras untuk mendorong keduanya agar memiliki basis pengguna yang stabil.

Sementara itu, Hangouts tetap akan dapat ditemukan pada Play Store sebagai salah satu aplikasi yang dapat diunduh, jika pengguna ingin menggunakannya pada smartphone Android keluaran tahun depan. Hal ini menjadi langkah besar Google dalam menarikn Hangouts dari pasar konsumer dan mendorongnya ke pasar enterprise.

Sebelumnya aplikasi Google Duo ini diprediksi akan menjadi lebih populer dibandingkan dengan aplikasi game Pokemon Go. Sementara itu, pada pengumumannya Google Allo yang telah diunduh sebanyak lebih dari satu juta kali, Google juga mengumumkan Duo telah diunduh oleh lima juta pengguna.


(MMI)

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018
CES 2018

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018

1 day Ago

Lenovo perkenalkan keluarga baru ThinkPad X1 yang terdiri dari tiga jenis perangkat sekaligus d…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.