Ikut WhatsApp, Facebook Messenger Sekarang Juga Punya Enkripsi

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 05 Oct 2016 16:02 WIB
facebook
Ikut WhatsApp, Facebook Messenger Sekarang Juga Punya Enkripsi
Facebook Messenger kini punya enkripsi. (Mashable)

Metrotvnews.com: Facebook baru saja meluncurkan enkripsi end-to-end di Messenger, memungkinkan pengguna memastikan percakapan mereka tidak dipantau hacker, badan pemerintah atau Facebook.

Fitur ini pertama kali diuji coba di bulan Juli. Minggu ini, Wired melaporkan bahwa enkripsi ini sudah dapat digunakan oleh 1 miliar pengguna Messenger.

Enkripsi pada Messenger ini muncul sebagai "pembicaraan rahasia" -- sebuah fitur yang bisa Anda aktifkan dengan mengklik nama pengguna di chat biasa. Setelah fitur enkripsi diaktifkan, Anda bisa mengobrol seperti biasa. Anda juga memiliki opsi untuk menghapus pesan secara otomatis setelah beberapa waktu, mulai dari 5 detik hingga 1 hari.

Menurut The Verge, beberapa fungsi Messenger tidak akan bisa digunakan saat fitur enkripsi ini aktif, seperti mengirimkan GIF dan video. Namun, Anda tetap bisa mengirimkan gambar dan stiker.

Fitur ini hanya akan dapat digunakan jika dua orang yang saling berhubungan memiliki versi terbaru dari Messenger. Percakapan keduanya hanya dapat diakses melalui satu perangkat. Anda juga bisa menghapus semua pembicaraan rahasia yang tersimpan di perangkat Anda pada halaman pengaturan profil.

Messenger bukanlah aplikasi pertama yang menggunakan enkripsi. Ia bahkan bukan aplikasi milik Facebook yang menawarkan fitur ini. WhatsApp menawarkan fitur enkripsi di bulan April lalu. Beberapa aplikasi lain yang juga menawarkan enkripsi adalah Telegram, Wire dan Signal.

Pada Messenger, enkripsi hanya akan aktif ketika pengguna mengaktifkannya, sama seperti yang ada pada Google Allo atau Telegram. Hal ini berarti, sebagian besar percakapan yang terjadi tidak akan terenkripsi mengingat sebagian besar pengguna tidak akan peduli tentang enkripsi.




(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

4 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /