Puskesmas Tegal Andalkan Mini PC Intel NUC Demi Kesehatan Masyarakat

M Studio    •    Senin, 19 Sep 2016 11:01 WIB
intel
Puskesmas Tegal Andalkan Mini PC Intel NUC Demi Kesehatan Masyarakat
Penggunaan mini PC Intel NUC di Puskesmas Tegal

Metrotvnews.com, Tegal: Ketersediaan Puskesmas di suatu kecamatan sangat penting demi menjamin kesehatan masyarakat serta generasi muda didalamya melalui sarana pencegahan, perawatan & penyembuhan. 

Menyadari peran penting dan mulia tersebut, Puskesmas kecamatan Tegal Timur yang terletak di Flores No. 35 Tegal, memaksimalkan potensi yang mereka miliki dengan menjaga kualitas sumber daya manusia, serta menambah berbagai peralatan medis guna kenyamanan serta keselamatan para pasiennya. 
  
Dr. Luluk, kepala Puskesmas menjelaskan, agar bisa memberikan pelayanan yang prima selama 24 jam , mereka sangat memperhatikan kedua faktor tadi. Ukuran keberhasilannya, antara lain bisa memberikan pelayanan yang cepat dan akurat saat pasien tiba di rumah sakit yang memiliki Poli Umum, Gigi, dan Anak ini.
  
"Kami telah membuat prosedur agar tenaga medis sigap memberikan pelayanan kepada sekitar pasien kami dan mereka juga didukung keandalan dan kecanggihan peralatan yang tepat di belakangnya." 
  
Oleh karena itu, kata Dr Luluk, Puskesmas ini mengutamakan perangkat teknologi berupa komputer yang tepat untuk menjamin faktor tadi berjalan dengan lancar dan tanpa gangguan. Mereka mengandalkan Mini PC Intel NUC, sebuah komputer berukuran hanya sebesar telapak tangan yang sangat cocok untuk Puskesmas.

Alasannya, konsumsi listrik yang sangat efisien kurang lebih 10 watt, dan bentuknya yang mungil sehingga tidak makan tempat. Tidak sampai di situ, mini PC ini juga telah menggunakan teknologi Intel generasi ke-5 di dalamnya. 


  
Dr Luluk menambahkan, ia sangat memperhatikan kecepatan respons dalam memilah data dari para pengunjung, riwayat medis dan penempatan ruangan. 
  
"Karena hal itu dapat mengurangi waktu tunggu yang harus dialami pasien dalam kondisi daruratatau kritis," katanya. 
  
Pihak Indokom Tegal sebagai mitra penyedia teknologi yang terletak di jalan Mayjend Sutoyo 14 ini menjelaskan, untuk memenuhi kriteria yang diperlukan pihak Puskesmas, dengan kebutuhan data yang berkembang dinamis sesuai penambahan pasien150 hingga 200 orang, mereka merekomendasikan Mini PC Intel NUC dengan teknologi Intel generasi ke-5.

Dari sisi dana, tidak jauh berbeda dengan harga PC branded yang salama ini di pakai, namun dilengkapi dengan garansi 3 tahun penggantian, dan konsumsi daya listrik Intel NUC yang sangat kecil dibanding PC dektop yang selama ini mereka gunakan. 
  
"Mini PC Intel NUC ini selain canggih, juga sangat mudah untuk di-upgrade sesuai kebutuhan darisisi memori dan hard disk, sehingga investasi awal, tetap dapat digunakan berkesinambungan," kata Edo, perwakilan Indokom Tegal. 
  
Edo menambahkan, dengan daya hanya 10 watt per unit, penghematan yang dirasakan dalam waktu tertentu sangatlah besar.
 


(MMI)

Video /