Staf Gedung Putih Bakal Dilarang Pakai Ponsel Pribadi?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 28 Nov 2017 12:17 WIB
smartphone
Staf Gedung Putih Bakal Dilarang Pakai Ponsel Pribadi?
Staf Gedung Putih mungkin akan dilarang menggunakan ponsel pribadi. (SAUL LOEB via Getty Images)

Jakarta: Gedung Putih mempertimbangkan untuk melarang para stafnya menggunakan ponsel pribadi. Menurut narasumber anonim, larangan ini telah diusulkan sebagai usaha mencegah terjadinya kebocoran informasi pada media. 

Namun, sebagian staf khawatir bahwa keputusan ini akan membuat mereka tidak bisa menghubungi keluarga mereka sama sekali, karena sebelum ini, Gedung Putih telah memblokir situs-situs seperti Gmail dan Google Hangouts.

Selain itu, sebagian staf juga khawatir jika mereka menggunakan ponsel yang diberikan oleh pemerintah untuk penggunaan pribadi, telepon yang mereka terima akan disimpan dan dirilis ke masyarakat, seperti yang disebutkan oleh Engadget

Belakangan, penggunaan ponsel menjadi masalah di Gedung Putih. Pada Oktober, Politico melaporkan bahwa Chief of Staff John Kelly telah menggunakan ponsel pribadi yang tidak aman, yang sistemnya diduga telah diretas sejak awal bulan Desember tahun lalu. 

Selain itu, Presiden Donald Trump juga mendapatkan kritik karena menggunakan smartphone pribadi yang dianggap tidak aman dan bukannya ponsel yang diberikan oleh pemerintah, serta membahas masalah rahasia di depan umum dan membiarkan orang-orang di sekitarnya mengambil foto dengan ponsel mereka.

Saat ini, larangan untuk menggunakan ponsel pribadi belum diresmikan. Jika peraturan itu diresmikan, masih belum diketahui kapan atau kepada siapa saja peraturan ini berlaku. 


(MMI)