Rusia Ingin Bangun Hotel di Luar Angkasa

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 25 Dec 2017 16:39 WIB
antariksa
Rusia Ingin Bangun Hotel di Luar Angkasa
Tampilan desain Stasiun Luar Angkasa Internasional yang pada bagian bawahnya terdapat modul penginapan dilengkapi panel tenaga surya.

Jakarta: Di Amerika Serikat, beberapa perusahaan selain NASA berusaha menciptakan layanan perjalanan wisata ke luar angkasa, sebut saja Blue Origin, SpaceX, dan Virgin Galactic. Rusia ternyata juga ingin ikut berpartisipasi dengan cara berbeda.

Bukan sekadar menyediakan perjalanan wisata saja, Rusia mau membangun hotel berbintang di luar angkasa. Beberapa waktu lalu, isu menciptakan koloni manusia di planet lain sangat kencang, Rusia mau membangun hotel tersebut di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Dilaporkan Popular Mechanics, badan antariksa Rusia tengah membicarakan proyek tersebut. Nantinya hotel itu setara dengan hotel kelas bintang lima yang sangat mewah. Tidak hanya menyajikan pemandanga,n tapi juga atraksi untuk melayang di luar angkasa bersama astronot.

Roscosmos State Corporation, badan antariksa Rusia dikabarkan sudah menyiapkan rancangan awal dari modul berisi hotel bintang lima yang akan menempel di badan ISS. Bahkan mereka juga sudah membahas model bisnis yang akan dijalankan.



Disebutkan, satu kali perjalanan untuk 1 atau 2 minggu membutuhkan biaya sebesar USD40 juta atau sekitar Rp542 miliar. Bagi yang ingin merasakan atraksi melayang di luar angkasa maka wisatawan dikenakan biaya tambahan USD20 juta.

Badan antarika Rusia menuturkan, pembuatan modul untuk hotel tersebut bisa memakan waktu selama 5 tahun sedangkan Stastiun Luar Angkasa Internasional (ISS) kali ini akan mengakhiri tugasnya pada 2028.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.