Punya Celah Keamanan di Prosesor, AMD Segera Gelar Investigasi

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 14 Mar 2018 10:51 WIB
amdcyber security
Punya Celah Keamanan di Prosesor, AMD Segera Gelar Investigasi
Prosesor AMD Ryzen.

Jakarta: Setelah Intel menjadi korban serangan Meltdown dan Spectre, giliran prosesor AMD yang juga diketahui memiliki celah keamanan berbahaya.

Dikutip dari CNET, hal ini pertama kali disampai oleh perusahaan keamanan asal Israel bernama CTS-Labs yang menyebut sudah meneruskannya ke pihak AMD dan meminta menginvestigasi dan memberikan pernyataan dalam kurun wakru 90 hari.

CTS-Labs menemukan 13 celah keamanan yang ada di dua arsitektur prosesor buatan AMD. Pertama di Ryzen dan kedua adalah EPYC. Ryzen merupakan prosesor yang digunakan di laptop dan PC sedangkan EPYC digunakan untuk server.

Permasalahan ini semakin serius karena CTS-Labs menemukan celah keamanan ini ada pada area sistem prosesor yang seharusnya paling aman yakni area yang menyimpan informasi penting dan sensitif.

CTS-Labs sendiri tidak membeberkan permasalahan teknisnya, tapi mereka mengakui telah mengirimkan bukti-bukti temuannya ke pihak AMD. Ada beberapa bahaya secara umum yang diakibatkan celah keamanan tersebut apabila terjadi serangan di dalamnya.

Di antaranya mengambil alih kendali prosesor beserta sistem keamanannya, memasukkan malware, mencuri informasi penting, menutup akses untuk solusi keamanan, dan terakhir adalah mengakibatkan kerusakan fisik pada komponen.

Seluruh bahaya yang disebutkan di atas tadi oleh CTS-Labs dimasukkan ke empat jenis celah keamanan yang mereka beri nama, Master Key, Ryzenfall, Fallout, Chimera. Pihak AMD global baru memberikan tanggapan bahwa mereka akan segera meginvestigasi dan menyediakan solusi atas permasalahan ini.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.