Nissan Uji Mobil Otonom di Jepang Tahun Depan

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 06 Dec 2017 11:46 WIB
teknologinissan
Nissan Uji Mobil Otonom di Jepang Tahun Depan
Penguian ini akan menggunakan Nissan Leaf.

Jakarta: Perusahaan pembuat mobil Nissan ingin menguji taksi otonom di Jepang pada Maret tahun depan.

Perusahaan itu bekerja sama dengan perusahaan software Jepang, DeNA, yang menyediakan layanan online untuk industri game, kesehatan dan otomotif. 

Menurut laporan BBC, mobil yang diuji adalah mobil listrik Nissan Leaf. Penumpang yang ingin mencoba mobil ini akan bisa memanggilnya menggunakan aplikasi. Nissan menjadi salah satu pembuat mobil yang tertarik dengan mobil otonom, selain General Motors dan Volvo. 

Taksi otonom ini akan bisa digunakan secara gratis. Percobaan tersebut akan berlangsung selama 2 minggu di bulan Maret di Yokohama. Sementara sistem Easy Ride kemungkinan akan diluncurkan di Jepang pada awal 2020. 

"Dengan konsep 'mobilitas lebih bebas', Easy Ride dibuat sebagai layanan untuk siapapun yang ingin mencapai tujuannya dengan lebih bebas menggunakan mobil-robot," kata Nissan dalam pernyatan resmi.

"Tujuannya adalah  membiarkan pelanggan menggunakan aplikasi mobile khusus untuk berpergian, mulai dari mengatur tempat tujuan, memanggil mobil sampai proses pembayaran."

Dalam pengujian ini, akan ada seorang staf yang duduk di kursi pengendara, sesuai dengan peraturan di Jepang. Sementara para pelanggan, yang bisa mendaftar dalam program ini mulai dari sekarang hingga 15 Januari, akan bisa memilih tempat tujuan. 


(MMI)