Andromax Prime, Realisasi Ponsel 4G di Bawah Rp500 Ribu

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 05 Oct 2017 15:37 WIB
teknologismartfren andromax
Andromax Prime, Realisasi Ponsel 4G di Bawah Rp500 Ribu
Tampak depan Andromax Prime

Metrotvnews.com, Jakarta: Andromax Prime menjadi smartphone 4G termurah dengan harga Rp349 ribu yang dipaket layanan Smartfren. Smartphone rasa feature phone ini secara resmi diumumkan kehadirannya hari ini di Jakarta, Kamis (5/10/2017).

Menariknya, smartphone ini tidak memiliki wajah seperti smartphone yang populer saat ini melainkan lebih mirip dengan ponsel feature phone desain candy bar. Desain tersebut rupanya di sengaja karena ada misi yang dibawa Smartfren lewat desain Andromax Prime, yaitu mengajak pengguna layanan dan perangkat di jaringan 4G berpindah ke 4G.

"Kita mau pengguna di jaringan dan perangkat 2G bisa mudah beradaptasi dengan teknologi ponsel pintar dan layanan 4G LTE. Kita kasih kesempatan mereka untuk merasakan teknologi terbaru dengan cara yang tidak jauh berbeda dengan model ponsel feature phone," ungkap Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys. 

Andromax Prime yang menyuguhkan cara menggunakan layanan telekomunikasi ala ponsel feature phone, tetapi di dalamnya terdapat sedikit kemampuan ala smartphone. Misalnya saja, Anda bisa mengakses aplikasi WhatsApp dan YouTube hanya dengan satu tangan menggunakan tombol fisik.

Secara teknis, Andromax Prime memiliki spesifikasi RAM 512GB dengan ROM 4GB dan layar 2,4 inci resolusi VGA. Untuk kapasitas memorinya didukung kartu MicroSD yang bisa ditambahkan hingga 32GB. Smartfren mengklaim bahwa kapasitas memori internalnya sendiri cukup untuk menyimpan 1.000 lagu dan 2.000 foto.

Kamera pun tidak ketinggalan hadir di perangkat ini. Disediakan kamera belakang dengan resolusi 2MP dan kamera depan beresolusi VGA yang mendukung layanan video call. Beralih ke kapasitas baterai 2.000 mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 30 jam.

Untuk konektivitas, Andromax Prime juga mengejutkan, tidak hanya bisa terkoneksi internet perangkat tersebut juga bisa tersambung internet lewat Wi-Fi. Ada dua aplikasi bawaan yang menjadi daya jual smartphone berdesain lawas ini, yaitu WhatsApp dan YouTube yang bisa diakses dengan lancar pada Andromax Prime.

Andromax Prime tidak menyediakan akses ke Google Play Store. Smartfren menyediakan store aplikasi tersendiri sebab tidak semua aplikasi kompatibel dengan jenis smartphone ini.

Pihak Smartfren sendiri mengatakan bahwa sistem operasi Android yang dipergunakan sudah dimodifikasi untuk bisa membuat dua aplikasi tadi, WhatsApp dan YouTube, berjalan di versi ringan. Apabila ada pembaruan sistem dan aplikasi seluruhnya akan dihadirkan lewat Smartfren langsung.


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.