XL Mulai Fokus Perluas Jaringan di Luar Jawa

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 02 Feb 2018 15:51 WIB
xltelekomunikasi
XL Mulai Fokus Perluas Jaringan di Luar Jawa
XL akan fokus mengembangkan jaringan di luar Jawa. (Medcom.id)

Jakarta: XL Axiata akan fokus mengembangkan jaringan telekomunikasi di luar Jawa.

CEO XL Axiata, Dian Siswarini menjelaskan, tahun ini, XL mengalokasikan CAPEX (Capital Expenditure) sebesar Rp7 triliun. Sebanyak 90 persen dari CAPEX, sebesar Rp6,7 triliun, akan digunakan untuk mengembangkan jaringan dan juga IT. 

Sebanyak 15 persen dari Rp6,7 triliun tersebut akan dialokasikan untuk pengembangan IT sementara sisanya akan digunakan untuk mengembangkan jaringan. Itu artinya, dana yang XL alokasikan untuk pengembangan jaringan mencapai Rp5,695 triliun. 

Dari total dana tersebut, sebesar 55 persen akan digunakan untuk mengembangkan jaringan di luar Pulau Jawa, seperti di Pulau Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Sebesar 45 persen akan digunakan untuk mengembangkan jaringan di Pulau Jawa.

Wanita yang akrab dengan sapaan Dian ini menyebutkan, pembangunan jaringan di Jawa meliputi peningkatan kapasitas. Tujuannya adalah untuk menjaga kualitas jaringan. 

Director of Finance, XL Axiata, Mohamed Adlan Ahmad Tajudin menjelaskan, alasan XL fokus untuk mengembangkan jaringan di luar Jawa adalah karena besarnya potensi di kawasan tersebut.

"Ada kesempatan besar di luar Jawa karena memang tidak ada kompetisi," ujar pria yang sering dipanggil Adlan ini. "Kita melihat potensi perkembangan di luar Jawa lebih besar dari di Jawa, karena itulah kami melakukan investasi di luar Jawa."

Adlan menjelaskan, di Jawa, persaingan lebih ketat karena ada banyak operator telekomunikasi yang beroperasi. Selain itu, ARPU (Average Revenue Per User) di luar Jawa juga lebih tinggi.

Namun, Adlan menyebutkan, pada akhirnya, pendapatan yang didapatkan dari dalam dan luar Jawa tidak jauh berbeda. Karena, meskipun ARPU di dalam Jawa lebih rendah, tapi jumlah penggunanya banyak. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.