Lagu Cover YouTube di Mata Tulus

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 10 Nov 2017 21:43 WIB
youtube
Lagu Cover YouTube di Mata Tulus
Ada banyak lagu cover di YouTube.

Metrotvnews.com, Jakarta: Tulus menjadi salah satu musisi yang diundang ke dalam acara YouTube FanFest yang diadakan pada 10-12 November. Dalam konferensi media, dia sempat mengungkapkan harapannya bahwa akan semakin banyak konten di YouTube yang mendidik. 

Ketika ditanya soal hak kekayaan intelektual, dia merasa bahwa keadaan di Indonesia sudah membaik. "Tidak hanya berhenti di kesadaran, negara kita juga sudah punya peraturan terkait itu," katanya saat ditemui di Hotel Sheraton, Jumat (10/10/2017).

"Kekayaan intelektual itu memang satu hal yang sangat esensial dalam berkarya," ujarnya sebelum menyatakan dukungannya atas segala sesuatu yang berhubungan tentang copyright. 

"Saya sih senang saja," jawab Tulus ketika ditanya apa pendapatnya ketika lagu miliknya dinyanyikan oleh orang lain. "Kalau lagu kita di reintepretasi oleh orang lain, itu menyenangkan," katanya.

"Namun, ada peraturan tentang batasannya. Jangan sampai nanti karyanya dijual, jadinya itu sesuatu yang ilegal."



Tulus mengaku, dia tidak pernah mempermasalahkan jika ada kreator YouTube yang membuat cover dari lagunya. "Kalau cover sih saya senang, jualnya itu yang ilegal," katanya.

Sekilas, dia bercerita tentang bagaimana lagu cover dari karyanya dijual di platform digital. Lebih lanjut ditanya soal monetisasi video di YouTube, dia merasa masih belum tahu pasti soal peraturan dalam platform video di bawah Google tersebut. 

Masalah tentang lagu cover memang sempat ramai pada bulan September lalu. Untungnya, YouTube sendiri memiliki metode yang disebut oleh Content ID, yang dapat menentukan apakah sebuah konten mengandung material yang memiliki hak cipta.

Jika ya, maka sistem tersebut akan secara otoamtis mengklaim sebuah video atas nama sang pemegang hak cipta. Sang pemegang hak cipta bisa bebas menentukan apa yang mereka akan lakukan terkait video cover tersebut. 


(MMI)

Vivo V11 Pro, Berani Kasih Spesifikasi Sesuai Harga
Review Gadget

Vivo V11 Pro, Berani Kasih Spesifikasi Sesuai Harga

10 hours Ago

Vivo V11 Pro sebagai smartphone segmen menengah memberikan RAM 6GB dan kamera depan 24MP.…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.