Lagu Cover YouTube di Mata Tulus

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 10 Nov 2017 21:43 WIB
youtube
Lagu Cover YouTube di Mata Tulus
Ada banyak lagu cover di YouTube.

Metrotvnews.com, Jakarta: Tulus menjadi salah satu musisi yang diundang ke dalam acara YouTube FanFest yang diadakan pada 10-12 November. Dalam konferensi media, dia sempat mengungkapkan harapannya bahwa akan semakin banyak konten di YouTube yang mendidik. 

Ketika ditanya soal hak kekayaan intelektual, dia merasa bahwa keadaan di Indonesia sudah membaik. "Tidak hanya berhenti di kesadaran, negara kita juga sudah punya peraturan terkait itu," katanya saat ditemui di Hotel Sheraton, Jumat (10/10/2017).

"Kekayaan intelektual itu memang satu hal yang sangat esensial dalam berkarya," ujarnya sebelum menyatakan dukungannya atas segala sesuatu yang berhubungan tentang copyright. 

"Saya sih senang saja," jawab Tulus ketika ditanya apa pendapatnya ketika lagu miliknya dinyanyikan oleh orang lain. "Kalau lagu kita di reintepretasi oleh orang lain, itu menyenangkan," katanya.

"Namun, ada peraturan tentang batasannya. Jangan sampai nanti karyanya dijual, jadinya itu sesuatu yang ilegal."



Tulus mengaku, dia tidak pernah mempermasalahkan jika ada kreator YouTube yang membuat cover dari lagunya. "Kalau cover sih saya senang, jualnya itu yang ilegal," katanya.

Sekilas, dia bercerita tentang bagaimana lagu cover dari karyanya dijual di platform digital. Lebih lanjut ditanya soal monetisasi video di YouTube, dia merasa masih belum tahu pasti soal peraturan dalam platform video di bawah Google tersebut. 

Masalah tentang lagu cover memang sempat ramai pada bulan September lalu. Untungnya, YouTube sendiri memiliki metode yang disebut oleh Content ID, yang dapat menentukan apakah sebuah konten mengandung material yang memiliki hak cipta.

Jika ya, maka sistem tersebut akan secara otoamtis mengklaim sebuah video atas nama sang pemegang hak cipta. Sang pemegang hak cipta bisa bebas menentukan apa yang mereka akan lakukan terkait video cover tersebut. 


(MMI)