MWC 2018

Samsung Juga Bakal Punya Medsos Sendiri, Namanya?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 20 Feb 2018 10:29 WIB
samsungmwc 2018
Samsung Juga Bakal Punya Medsos Sendiri, Namanya?
Teaser video Samsung Galaxy S9.

Jakarta: Di tanggal 26 Februari 2018, Samsung disebut akan memperkenalkan Samsung Galaxy S9 di ajang Mobile World Congress (MWC) 2018. Selain produk terbarunya disebut juga Samsung akan memperkenal aplikasi media sosial buatannya.

Seperti yang diketahui bahwa Samsung juga cukup agresif mengembangkan ekosistem aplikasi atau layanan digital di produknya, tidak hanya smartphone. Dikutip dari WCCFTech, Samsung akan memperkenalkan aplikasi media sosial bernama Uhssup.

Hal ini sebetulnya mulai menarik perhatian sejak akhir Januari, Samsung mendaftarkan hak paten di Eropa untuk merek dagang bernama Uhssup. Sumber media lokal Korea Selatan, HeraldCorp menyebutkan bahwa aplikasi ini merupakan instant messaging berbasis lokasi.

Namun, tidak diketahui secara jelas perbedaan Uhssup dengan aplikasi sejenis seperti WhatsApp dan lain-lain. Dalam bahasa Korea, Uhssup sendiri memili arti Woohoo.

Dalam teaser video tentang Samsung Galaxy S9 yang digulirkan Samsung juga sempat menyebutkan sebuah tagline "redefine the way you share your moment" yang maknanya mengacu kepada cara baru yang Samsung sajikan dalam berkomunikasi.

Langkah Samsung kali ini sebetulnya tidak mengherankan. Perusahaan teknologi asal Korea Selatan ini memang mengembangkan beragam aplikasi atau layanan digital yang eksklusif untuk perangkatnya, sama seperti Apple kepada iPhone.

Lantas pertanyaan yang muncul adalah apakah kita masih membutuhkan aplikasi media sosial baru, setelah cukup banyak media sosial yang digunakan saat ini?


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.