Xiaomi Redmi Note 5 Usung Dua Kamera Belakang?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 03 Oct 2017 07:15 WIB
xiaomi
Xiaomi Redmi Note 5 Usung Dua Kamera Belakang?
Xiaomi sudah menyiapkan beberapa perangkat untuk dirilis di awal tahun 2018

Metrotvnews.com: Kembali beredar bocoran terkait smartphone terbaru Xiaomi. Redmi Note 5 tampaknya mengusung kamera ganda di belakang dan memiliki bezel layar yang lebih tipis lagi.

Berdasarkan laproan GSM Arena, beredar sebuah foto dari sebuah layanan e-commerce Tiongkok yang menampilkan desain dari Xiaomi Redmi Note 5, yang kabarnya akan dirilis pada awal tahun 2018. 



Dari gambar bocoran yang beredar, diperlihat bahwa Redmi Note 5 akan mengusung dua kamera atau kamera ganda di bagian belakang. Kamera ganda tersebut disusun secara vertikal. Melihat bagian layarnya perangkat terbaru tersebut akan menggunakan ukuran 5,5 inci degan bezel yang cukup tipis tapi tidak bezel-less.

Desain bodinya masih tidak jauh berbeda dengan varian Redmi Note 4, termasuk penggunaan material metal dengan desain unibody. Pada bagian bawahnya, masih terlihat jelas adanya tombol kapasitif untuk beberapa fungsi. Sensor pemindai sidik jari juga masih ditempatkan pada bagian bawah kamera belakang.

Tombol pengatur volume dan daya masih berada di sebelah kanan, sedangkan di sebelah kiri hanya terdapat slot kartu SIM. Pada bagian atas terdapat lubang jack audio 3,5mm untuk headset dan lampu IR emitter yang mendukung fungsi smartphone sebagai kendali untuk aplikasi MiHome. Pada bagian bawah terlihat jelas ada lubang speaker serta port USB-C.



Untuk spesifikasi, dapur pacunya masih menjadi misteri. Dari rumor yang beredar, kamera ganda belakangnya menggunakan resolusi 16MP yang dipadukan dengan resolusi 5MP, tapi belum diketahui apakah menggunakan kombinasi lensa seperti Xiaomi Mi A1.

Dapur pacunya dikabarkan memakai Qualcomm Snapdragon 630 atau 660. Jika tidak dengan Snapdragon, maka bisa jadi menggunakan MediaTek Helio P25 yang dipadukan varian RAM 3GB atau 4GB serta memori internal yang juga bervariasi dari 32GB atau 64GB.

Perpaduan ini serupa dengan seri Redmi Note 4 yang dirilis di Indonesia dalam dua varian RAM dan memori internal. Kapasitas baterainya akan sebesar 3.790 mAh atau 4.000 mAh.  Kita masih harus menunggu konfirmasi langsung dari pihak Xiaomi untuk keberadaan dan harga yang akan dipatok.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.