Ini Apikasi Android Terbaik Menurut Google

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 04 Oct 2017 19:14 WIB
androidgoogleaplikasi
Ini Apikasi Android Terbaik Menurut Google
Per kuartal, Google merilis Android Excellence App sebagai penghargaan atas aplikasi di Play Store

Metrotvnews.com: Pihak Google melakukan kurasi terhadap beragam aplikasi terbaik yang dirangkum dalam kategori Android Excellence App untuk 2017.

Sistem operasi Android diklaim menjadi yang paling banyak digunakan di dunia. Berdasarkan data yang diperoleh pada bulan Mei lalu, disebutkan tercatat ada lebih dari 2 miliar unit gadget dengan sistem operasi Android yang aktif setiap bulannya.

Jumlah aplikasi di layanan Google Play Store pun juga tidak kalah banyak. Menurut data dari Statista, ada 3,3 juta aplikasi yang ditawarkan oleh gudang aplikasi tersebut. Untuk memudahkan penggunanya, maka Google menciptakan daftar Android Excellence App, sehingga pengguna perangkat Android tidak perlu pusing mencari tahu aplikasi apa yang bagus, seperti yang dikabarkan Android Authority.

Android Excellence App dikurasi oleh tim Google berdasarkan beberapa penilaian: user experience terbaik, menerapkan rumus Google tentang cara membuat aplikasi yang tepat, dan memiliki kombinasi desain, performa teknis, lokalisasi konten dan optimalisasi terbaik bagi perangkat pengguna. 

Secara garis besar, ada dua kategori aplikasi yang diumukan, yaitu aplikasi yang berisi berbagai macam layanan dan aplikasi game. 

Untuk kategori aplikasi layanan dari berbagai jenis. Pada urutan pertama diisi oleh Agoda, layanan yang menyediakan pemesanan hotel. Kedua ada AlarmMon, aplikasi alarm yang hanya bisa dimatikan jika Anda sudah berhasil memainkan game di dalamnya. Jadi Anda dipastikan akan bangun tepat waktu menggunakan aplikasi ini. 



Di posisi ketiga ada aplikasi bernama Bring! yang menyediakan alat untuk mengkoordinasi barang yang harus Anda beli ketika berbelanja. Ketimbang harus bertanya dengan rekan Anda lewat media sosial, aplikasi Bring! memudahkan koordinasi barang yang harus dibeli saat berbelanja dengan lingkaran pertemanan atau keluarga Anda. 



Lalu di kategori game, pada posisi pertama diisi oleh Ashpalt 8, game balapan mobil yang sudah sangan familier oleh pengguna smartphone. Game balapan ini dianggap bagus karena memiliki desain antarmuka dan permainan yang memanjakan penggunanya. Di posisi kedua ada Bubble Witch 3 Saga yang boleh dibilang model permainannya sangat persis dengan Candy Crush maupun Zuma.

Pada posisi ketiga ada game bernama Castle Creeps. Penggunaan nama 'castle' dalam sebuah game mobile tentu tidak asing di telinga Anda dan benar saja model permainan dari game ini menyerupai Clash Royale. Boleh dibilang tiga besar game terbaik menurut Android Excellence App kali ini sebetulnya identik sekali dengan model game mobile yang kini tengah populer.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.