Essential Phone Terima Pembaruan Keamanan

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 31 Oct 2017 10:24 WIB
androidsmartphone
Essential Phone Terima Pembaruan Keamanan
Essential Phone menerima update berisi patch keamana dan perbaikan untuk meningkatkan kemampuan gulir sentuh pada perangkat.

Metrotvnews.com: Essential Phone kembali menerima update, meski dilaporkan sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan versi sebelumnya. Update ini berbekal sejumlah perbaikan dan patch terkait keamanan perangkat.

Phone Arena melaporkan, versi firmware NMJ20D mengusung kapasitas 75MB, dan disebut berbekal patch keamanan untuk kerentanan KRACK WPA2, serta update keamanan bulanannya versi bulan Oktober. Update versi bulanan tersebut telah dirilis Google pada bulan ini.

Essential menyebut update ini berisi software yang bertugas meningkatkan kemampuan gulir sentuh pada smartphone. Selain itu, update ini juga diklaim mampu meningkatkan performa Essential Phone dan dibekali dengan sejumlah perbaikan bug.

Essential juga mampu mengaktifkan gestur sidik jari yang memungkinkan pengguna mengusap pada sensor pemindai sidik jari untuk menampilkan notifikasi. Update ini dapat diunduh via jaringan Wi-Fi atau jaringan seluler, meski akan mengonsumsi biaya lebih besar jika menggunakan data seluler.

Menurut Essential, update ini akan bergulir secara berkala, sehingga pemilik perangkat harus menunggu beberapa hari untuk dapat memanfaatkan update. Pemilik perangkat dapat menekan tombol Software Update untuk memeriksa ketersediaannya.

Sementara itu sebelumnya, Essential, perusahaan di balik Essential Phone menerima tuntutan hukum dari Keyssa Inc, dengan tuduhan pencurian dari rahasia perdagangan terkait dengan teknologi baru, memungkinkan ponsel terhubung ke perangkat seperti kamera secara nirkabel.

Essential Phone resmi dipasarkan kepada konsumen pada bulan Agustus lalu, yang ditawarkan sebagai perangkat non-bundling hadir dengan penawaran harga lebih terjangkau, USD699,99 (Rp9,3 juta), jika dibandingkan dengan perangkat bundling dengan Sprint seharga USD749,99 (Rp9,9 juta).


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.