CES 2018

Samsung Notebook 9 Pen, Kolaborasi Galaxy Note dan Laptop

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 08 Jan 2018 15:36 WIB
samsungces 2018
Samsung Notebook 9 Pen, Kolaborasi Galaxy Note dan Laptop
Samsung mengumumkan perangkat kolaborasi Galaxy Note dan laptop, Notebook 9 Pen.

Jakarta: Samsung mengumumkan rangkaian laptop sebelum ajang CES 2018 resmi dihelat. Namun, rangkaian tersebut hanya mengusung satu produk yang dinilai baru, yaitu Notebook 9 Pen, sebagai upaya Samsung menggabungkan laptop dan perangkat Galaxy Note.

Notebook 9 Pen tampil dengan desain yang tidak mengejutkan, dan sejumlah menyebut desain perangkat ini membosankan. Sebab Notebook 9 Pen hadir dengan desain bersudut membulat, tanpa penegasan garis desain yang menjadi pembedanya dari laptop kompetitor.

Meskipun demikian, bobot Notebook 9 Pen dilaporkan Engadget tergolong ringan. Hal ini dinilai mengindikasikan Samsung lebih menitikberatkan pada kenyamanan penggunaan perangkat bagi pengguna, dibandingkan dengan desain unik dan bergaya.

Berkat penggunaan bahan magnesium alloy bernama Metal-12, bobot Notebook 9 Pen seberat hampir satu kilogram. Sementara itu sesuai namanya, Notebook 9 Pen juga dibekali dengan dukungan S Pen.

Samsung mengumumkan bahwa Notebook 9 Pen ditujukan untuk seniman, dan S Pen dengan level tekanan sebanyak 4.096 dan nib 0,7mm, diklaim cukup mumpuni untuk menggambar, terutama saat pengguna mengubah laptop menjadi tablet.

Namun selain S Pen, Notebook 9 Pen merupakan perangkat yang tergolong standar, dengan bekal chipset Intel Core i7 generasi kedelapan. Samsung juga menawarkan model dengan dukungan RAM DDR4 16GB dan ruang penyimpanan SSD berkapasitas 512GB.

Sayangnya, Samsung masih enggan berbagi informasi terkait penawaran harga untuk perangkat berbekal layar 13,3 inci beresolusi 1080p. Selain itu, perangkat ini juga dibekali dengan satu port USB-C, satu port USB 3.0, slot microSD dan HDMI.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.