ASUS Bawa ProArt PA90 Masuk ke Segmen Mini PC

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 19 Jun 2018 13:22 WIB
asus
ASUS Bawa ProArt PA90 Masuk ke Segmen Mini PC
ASUS Mini PC ProArt PA90.

Jakarta: Tidak hanya laptop, segmen perangkat PC juga berlomba untuk menciptakan perangkat dengan desain yang mini tujuannya agar desktop tidak lagi dianggap memakan ruang dengan performa yang lebih bertenaga ketimbang laptop.

ASUS memamerkan sedikit produk terbarunya di segmen Mini PC, yakni ASUS ProArt PA90 yang ditujukan untuk kalangan profesional khususnya content creator.

Melihat desainnya jelas ASUS Mini PC ProArt PA90 sangat jauh berbeda dengan desain desktop pada umumnya, lebih terlihat mewah dan ramping. Desain silindernya memiliki ukuran tinggi yang serupa seperti menyusun lima hingga enam perangkat Intel NUC hingga setinggi desktop tower ukuran mini.

Apabila membandingkannya dengan mini desktop yang ditujukan untuk gaming seperti MSI Trident X dan Corsair One Elite, terlihat ASUS Mini PC ProArt PA90 memiliki tinggi dan ketebalan yang tidak jauh berbeda.



ASUS Mini PC ProArt PA90 hadir dengan prosesor Intel Coffee Lake yang juga didukung dengan kartu grafis NVIDIA Quadro untuk kebutuhan desain atau profesional di bidang grafis. Jadi sejak awal memang ASUS Mini PC ProArt PA90 sebagai workstation.

ASUS menyatakan di dalamnya tertanam langsung dukungan teknologi Intel Optane yang mampu mengenjot performa memori sehingga ASUS Mini PC ProArt PA90 mampu bekerja dengan cepat dalam beban kerja yg cukup berat.



ASUS juga mengklaim telah melengkapi ASUS Mini PC ProArt PA90 dengan sistem pendingin terbaik, mengingat ukuran perangkat yang mini membuat tidak banyak ruang untuk sirkulasi udara. ASUS belum mencantumkan spesifikasi resmi termasuk tanggal produk ini mulai dipasarkan.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.