Apa Alasan Xiaomi Lewati Angka 7 untuk Mi 8?

Lufthi Anggraeni    •    Sabtu, 26 May 2018 16:28 WIB
xiaomi
Apa Alasan Xiaomi Lewati Angka 7 untuk Mi 8?
Melalu poster yang diunggah di Weibo, Xiaomi mengungkap alasannya melewati angka 7 pada penamaan Xiaomi Mi terbaru.

Jakarta: Xiaomi mengungkap alasannya melewati Mi 7 untuk menghadirkan Mi 8. Mengingat skema penamaan Xiaomi sebelumnya, perangkat unggulan terbaru Xiaomi diperkirakan akan mengusung nama Xiaomi Mi 7.

Namun, Xiaomi mengonfirmasi bahwa perangkat yang meluncur pada 31 Mei akan disebut sebagai Mi 8. Alasan tersebut disampaikan Xiaomi bersamaan dengan perilisan poster peluncuran resminya via jejaring sosial Tiongkok, Weibo.

Tertulis dalam bahasa Mandarin, poster tersebut menampilkan cara perangkat unggulan selanjutnya dari Xiaomi dalam melampaui harapan pada sejumlah aspek, karenanya memilih untuk melewati satu nomor secara keseluruhan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa poster tersebut tidak menyebutkan informasi secara spesifik dan detil. Menurut rumor terbaru, smartphone ini akan menjadi perangkat Android pertama yang mendukung face ID, pesaing dari teknologi pengenalan wajah 3D.

Selain itu, setup sensor secara keseluruhan terletak di bagian bawah poni layar depan, seperti yang muncul pada bocoran gambar yang beredar di internet. Namun, upgrade fitur ini bukanlah satu-satunya alasan di balik penggunaan nama baru tersebut.

Xiaomi merayakan ulang tahun kedelapannya sebagai perusahaan pada awal bulan lalu, dan tampaknya penamaan Mi 8 juga sebagai upaya pemberian penghormatan pada pencapaian utama.

Terkait penawaran spesifikasi smartphone, Xiaomi Mi 8 dikabarkan akan didukung Qualcomm Snapdragon 845, didampingi RAM 6GB dan ruang penyimpanan internal 128GB.

Selain itu, Xiaomi Mi 8 mengusung layar seluas 6,2 inci dengan desain poni dan kamera belakang ganda. Di sisi software, Xiaomi Mi 8 menggunakan sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan MIUI 10 baru.

Ponsel ini akan diumumkan pada 31 Mei, sehingga konsumen akan dapat memperoleh Mi 8 pada awal bulan Juni.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.