Computex 2018

Ini Senjata Corsair Bikin Keren Semua PC

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 08 Jun 2018 14:47 WIB
corsairComputex 2018
Ini Senjata Corsair Bikin Keren Semua PC
Software Corsair iCUE.

Taipei: Corsair cukup serius mengembangkan fitur dan tamnpilan LED RGB dalam jajaran produk hingga membentuk ekosistem khusus. Di antaranya lewat pembaruan software iCUE, VENGEANCE RGB PRO Series DDR4 memory, dan Obsidian Series 500D RGB SE.

Pengumuman ketiga produk tersebut disampaikan Corsair pada ajang Computex 2018. Corsair meluncurkan versi baru software iCUE yang berfungsi untuk melakukan kustomisasi menyeluruh pencahayaan LED RGB yang terdapat di seluruh jajaran produk Corsair.

iCUE kini seutuhnya mampu mengintegrasikan tampilan serta efek dari LED RGB yang ada diseluruh produk Corsair yang terhubung mulai dari periferal keyboard dan mouse gaming, headset serta komponen hardware di dalam casing PC Corsari seperti kipas pendingin maupun liquid cooling radiator.



Untuk komponen hardware Corsair mengumumkan produk terbaru dari RAM mereka yakni Vengeance RGB Pro Series DDR4. Hadir dalam beberapa jenis paket (kit), 16GB (2x 8GB), 32GB (4x 8GB), dan 64Gb (8x 8GB) dengan sistem dual-channel maupun quad-channel serta kecepatan mulai dari 2.666MHz hingga 4.000MHz.



Di bagian atas Vengeance RGB Pro Series DDR4 terdapat fitur LED RGB dengan warna pencahayaan yang kaya sekaligus cerah serta juga bisa terintegrasi di software iCUE yang bisa dikustomisasi pola atau efek pencahayaannya untuk setiap unit.

Tidak puas, Corsari juga memperkenalkan casing PC terbaru dari seri Obsidian yakni Obsidian 500D RGB SE yang didesain untuk muat menampung motherboard ukuran ATX, mATX, dan mini-ITX serta memiliki panel tempered glass di bagian depan serta sisi kanan dan kiri sehingga memaksimalkan tampilan LED RGB di dalamnya.



PC casing Obsidian 500D RGB SE sudah langsung dibekali Corsair Commander Pro Digital RGB Lighting and Fan Controller sehingga semua LED RGB yang terhubung di sistem motherboard bisa terintegrasi serta dikendalikan lewat software Corsair iCUE.

Obsidian 500D RGB SE sendiri memiliki fitur yang mampu terpasang tiga kipas ukuran 120mm atau dua kipas ukuran 140mm di bagian depan, dua kipas ukuran 120mm atau 140mm di bagian atas, dan satu kipas 120mm di bagian belakangnya.

Untuk kapasitas penyimpannnya, casing ini mendukung pemasangan dua storage ukuran 3,5 inci dan tiga storage ukuran 2,5 inci.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.