Smartfren Pangkas Harga Paket Internet, Apa Targetnya?

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 29 May 2018 09:19 WIB
smartfren andromax
Smartfren Pangkas Harga Paket Internet, Apa Targetnya?
Smartfren mengumumkan potongan harga pada paket layanan internet Unlimited 4G 24 jam miliknya.

Jakarta: Smartfren mengumumkan potongan harga pada layanan internet Unlimited 4G 24 jam yang ditawarkannya. Potongan harga ini diklaim sebagai yang termurah yang pernah ditawarkan oleh operator seluler di Indonesia.

"Penggunaan internet di Indonesia meningkat dari tahun ke tahun. Walau sudah murah, tapi masih ada masyarakat Indonesia yang merasa mahal, jadi sulit mengakses internet," ujar Deputi CEO Smartfren Djoko Tata Ibrahim.

Karenanya, Smartfren menghadirkan potongan harga pada layanan internet Unlimited 4G 24 jam miliknya, dari Rp149.000 menjadi Rp60.000 untuk satu bulan. Layanan ini ditawarkan dengan Fair Usage Policy (FUP) berkapasitas 1GB.

Namun, penawaran potongan harga pada layanan ini hanya berlaku hingga bulan Agustus mendatang. Saat disinggung terkait perpanjangan waktu penawaran layanan ini, Djoko mengaku akan melihat sambutan masyarakat terlebih dahulu.

Menurutnya, jika sambutan baik, maka tidak menutup kemungkinan bagi Smartfren untuk terus menghadirkan layanan ini di masa mendatang.

"Kami ingin evaluasi lagi. Kalau bisa membantu masyarakat, bisa saja kami perpanjang. Tapi untuk saat ini, kami belum bisa menjanjikan apapun soal ini," ujar Djoko lagi. 

Selain itu, Djoko mengaku Smartfren optimistis dapat menghadirkan layanan ini dengan dukungan terbaik. Optimisme ini didorong oleh bandwidth yang telah dimiliki Smartfren hingga saat ini, serta kekuatan jaringannya yang juga didukung oleh rencana penguatan jaringan di sepanjang tahun 2018.

Layanan yang hanya dapat dinikmati pengguna layanan internet Unlimited 4G 24 jam Smartfren via smartphone dan belum oleh pengguna modem Mi-Fi ini diklaim Smartfren sebagai senjata pamungkasnya. Selain itu layanan ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah penggunanya.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.