Produksi Tersendat, Harga Prosesor Intel Meroket

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 04 Oct 2018 13:56 WIB
hardwareintel
Produksi Tersendat, Harga Prosesor Intel Meroket
Prosesor Intel.

Jakarta: Permasalahan produksi prosesor Intel tampak kian buruk. Setelah beberapa waktu lalu Intel kesulitan memenuhi suplai dan permintaan pasar atas prosesornya lantaran fokus memproduksi prosesor berbasis 10nm, kini permasalahannya semakin serius.

Sebelumnya, Intel mengambil langkah untuk menghadirkan keluarga prosesor terbaru Intel Generasi ke-9 tidak ke fabrikasi terkini 10nm, melainkan 14nm yang juga jumlahnya mulai seidkit di pasar.

Dampak lainnya kini mulai terasa di pasar. Dikutip dari Tom's Hardware, harga prosesor Intel di pasar mulai meroket. Misalnya, untuk prosesor Intel Core i7-8700K yang dirilis tahun dengan harga Rp5,4 juta, kini melonjak menjadi Rp6 juta.

Temuan di pasar tersebut dikumpulkan dengan melihat lonjakan harga yang terjadi di beberapa situs penjualan komponen komputer. Hal yang sama juga terjadi untuk Core i5-8400, yang awalnya dijual Rp2,7 juta menjadi Rp3,4 juta.

Tentu saja, hal ini membuat minat terhadap prosesor Intel semakin jatuh di hadapan AMD. Intel Core i7-8700K merupakan prosesor tertinggi Intel, sementara di AMD ada Ryzen 7 2700X yang kini harganya masih di Rp5,4 juta.

Kabar buruk lainnya, beredar informasi bahwa Intel berencana menyediakan prosesor dalam fabrikasi 22nm yang tentunya selangkah lebih mundur dari fabrikasi 10nm. Padahal, AMD kini tengah mempersiapkan produksi masal fabrikasi 10nm.


(MMI)

Xiaomi Mi A2 Lite, Layak Anda Beli?
Review Smartphone

Xiaomi Mi A2 Lite, Layak Anda Beli?

1 day Ago

Seperti apakah Xiaomi Mi A2 Lite? Apakah ponsel ini bisa memikat hati? Berikut ulasan Medc…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.