Advan: Produk Kita untuk Konsumen yang Cari 'Value for Money'

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 23 Aug 2018 16:17 WIB
gadgetadvan
Advan: Produk Kita untuk Konsumen yang Cari 'Value for Money'
Advan i6.

Jakarta: Persaingan industri smartphone yang sangat cepat perkembangan inovasinya tidak membuat gentar merek lokal seperti Advan. Salah satu strategi Advan menurut Marketing Director Advan Tjandra Lianto adalah dengan menyediakan produk "value for money".

"Jadi kita sediakan pilihan bagi konsumen, mau beli smartphone brand luar tapi harganya mahal atau yang value for money, harganya terjangkau dan fitur yang sesuai kebutuhan dan bundling dengan layanan operator," ungkap Tjandra.

Tjandra menyebutkan bahwa Advan tidak melulu menawarkan smartphone yang hanya menjagokan harga terjangkau, tapi juga fitur yang sedang tren dan sesuai kebutuhan saat ini, serta lebih lengkap dibandingkan kompetitornya di harga yang sama.

Dalam diskusi dengan media yang digelar Advan hari ini, Kamis 23 Agustus 2018, mereka membeberkan beberapa kunci fitur dari produknya yang membuatnya bisa unggul dengan merek global sekalipun yang juga bernai menawarkan harga murah.

Advan mengambil contoh Advan i6 yang dibanderol Rp1,5 juta dan membandingkannya denggan Xiaomi Redmi 5A di rentang harga yang sama. Tjandra melihat saat ini kebutuhan layar yang lega menjadi kebutuhan pengguna smartphone Indonesia.



"Konsumen Indonesia saat ini semakin sering mengandalkan smartphone mereka untuk menikmati konten video dari streaming dan juga memainkan beragam game mobile," ungkap Tjandra.

Advan i6 hadir dengan desain layar Full View rasio 18:9 berbeda dengan Xiaomi Redmi 5A yang rasio layarnya hanya 16:9. Dari sisi kamera, Tjandra juga membanggakan Advan i6 karena memiliki kamera belakang 13MP yang menggunakan sensor Samsung CMOS. Kamera depannya resolusi 5MP.

Selain kamera yang menjadi salah satu daya tarik Advan i6, Tjandra juga menyebutkan bahwa kapasitas baterai dan konsumsi yang hemat juga jadi value yang ditawarkannya.

Advan i6 hadir dengan baterai 3.300 mAh sementara Xiaomi Redmi 5A hanya dibekali baterai kapasitas 3.000 mAh. Fitur keamanan juga jadi nilai yang ditawarkan smartphone ini.



Di rentang harga yang terjangkau tersebut, Advan sudah memberikan fitur keamanan yang lengkap dari mulai awal hingga akhir. "Pertama kita ada pemindai sidik jari, lalu di bagian dalamnya ada fitur Super App Lock dan Privacy System," lanjut Tjandra.

Super App Lock bisa mengunci akses smartphone dengan pola garis yang bebas, tidak seperti pattern lock standar. Kemudian Privacy System diklaim mampu menyediakan ruang rahasia untuk menyimpan aplikasi yang hanya bisa dibuka saat melakukan panggilan.

Advan juga menggandeng oeprator Indosat untuk menyediakan paket internet khusus. Mereka menilai, ini sepenuhnya value for money, apabila dibandingkan merek global yang menawarkan harga lebih mahal.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.