Lagi, Intel Bajak Orang Penting AMD

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 27 Apr 2018 16:17 WIB
amdintel
Lagi, Intel Bajak Orang Penting AMD
Jim Keller saat masih bergabung di AMD.

Jakarta: Belakangan, kompetisi pasar prosesor untuk komputasi mungkin tidak sepanas kompetisi di komponen kartu grafis tapi tampaknya hal ini akan berubah dalam waktu dekat sebab Intel kini telah membajak dua sosok penting dari AMD.

Lewat informasi di situs resmi Intel, mereka mengumumkan bahwa Jim Keller telah bergabung dengan mereka. Keller merupakan sosok kunci di balik kesuksesan AMD menciptakan prosesor berarsitektur Zen atau yang lebih dikenal Ryzen dan prosesor seri EPYC yang telah berhasil melambungkan nama AMD.

Latar belakang dibahas oleh Intel dalam situs resminya dan disebutkan bahwa Keller akan mengisi posisis sebagai Senior Vice President di Intel. Meksipun begitu, bukan berarti Intel membajak Keller langsung dari AMD. Sebelum bergabung dengan Intel, Keller mengisi posisi sebagai Vice President of Autopilot and Low Voltage Hardware Tesla.

"Saya sangat senang bisa bergabung dengan tim Intel untuk mengembangkan masa depan dari CPU, GPU, akselerator dan produk lainnya yang dibuat dalam era komputerisasi yang berpusat pada data," ungkap Keller dalam pernyataan resmi yang dimuat Intel.

Dalam pernyataan resmi, Chief Engineering Officer and Group President of the Technology, Systems Architecture & Client Group Intel Dr. Murthy Renduchintala mengakui bahwa Keller adalah sosok yang sangat dihormati dalam pengembangan mikroarsitektur di industri prosesor.

Sebelum ini, ada sosok penting AMD yang telah bergabung dengan Intel. Orang penting dalam pengembangan teknologi kartu grafis AMD Radeon Technologies Group yaitu Raja Koduri telah lebih dulu bergabung dengan Intel paa awal bulan November tahun lalu. Hal ini semakin menguatkan dugaan bahwa Intel menyiapkan strategi dan produk baru untuk bisa bersaing dengan AMD.


(MMI)

Xiaomi Mi A2 Lite, Layak Anda Beli?
Review Smartphone

Xiaomi Mi A2 Lite, Layak Anda Beli?

2 days Ago

Seperti apakah Xiaomi Mi A2 Lite? Apakah ponsel ini bisa memikat hati? Berikut ulasan Medc…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.