Baterai iPhone 8 Plus Bermasalah

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 01 Oct 2017 10:40 WIB
appleiphone
Baterai iPhone 8 Plus Bermasalah
iPhone 8 Plus baru saja dirilis tapi sudah dirundung beragam masalah

Metrotvnews.com: iPhone 8 tertimpa masalah. Beberapa penggunanya menemukan smartphone tersebut dalam kondisi kedua sisinya sedikit terbuka akibat baterai di dalamnya menggembung, tidak sampai meledak.

Beredar kabar bahwa baterai yang digunakan rupanya dirpoduksi oleh produsen baterai yang sama untuk Samsung Galaxy Note 7, yang bernasib buruk.

Dilaporkan oleh The Verge, disebutkan bahwa seorang perempuan di Taiwan mengalami hal yang agak mengerikan. iPhone 8 Plus edisi Rose Gold berkapasitas memori 64GB miliknya diisi daya selama 3 menit, dan ditemukan sisi layarnya terbelah dari bagian punggungnya sehingga tampak bagian luarnya.



Berdasarkan dugaan sementara, kondisi ini hanya bisa terjadi karena adanya dorongan dari ukuran baterai yang membengkak dan menekan bagian layar atau depan smartphone. Pemilik tersebut mengklaim bahwa dia baru saja membeli smartphone itu 5 hari yang lalu, dan diisi menggunakan kepala charger dan kabel resmi yang ada dalam paket penjualan.
 
Hal serupa juga terjadi pada konsumen di Jepang. Perbedaannya adalah konsumen di Jepang ini menemukan kondisi tersebut ketika baru membuka kemasan dari iPhoen 8 Plus yang baru saja dia beli. 

Dalam penelusuran awal kasus ini, baterai yang dipergunakan diproduksi oleh Amperex Technology Limited (ATL) yang juga sempat memproduksi baterai milik Samsung Galaxy Note 7.

Meskipun begitu, saat ini baru ada dua laporan saja terkait kejadian ini, jadi belum bisa dipastikan bahwa semua perangkat yang dijual mengalami kondisi yang sama. BIsa saja hal ini terjadi hanya pada beberapa unit yang diakibatkan kesalahan dalam proses manufaktur.

Saat ini, beragam pihak masih menantikan konfirmasi kabar dari pihak Apple, sedangkan kedua produk yang mengalami masalah sudah dikirim ke Apple untuk diteliti lebih mendalam.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.