Apple Hanya Gunakan Kamera 12MP untuk iPhone 2018

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 07 Sep 2017 10:47 WIB
apple
Apple Hanya Gunakan Kamera 12MP untuk iPhone 2018
Apple dilaporkan akan meningkatkan besaran megapiksel yang akan diusung oleh ponsel cerdas karyanya.

Metrotvnews.com: Apple akan meningkatkan besaran megapiksel yang membekali iPhone model 2018, setelah sebelumnya dikabarkan telah memesan seluruh modul lensa smartphone dengan resolusi lebih dari 12MP.

Modul tersebut akan didistribusikan ke lini perakitan di pabrik barunya di Taiwan, yang dimiliki oleh Largan Precision.

Menariknya, Largan disebut sebagai satu-satunya perusahaan yang menciptakan modul untuk kamera smartphone di atas 12MP, berkemampuan untuk memproduksi modul sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan dan diinginkan oleh rakasa teknologi tersebut.

Largan akan memproduksi 600 juta modul lensa per bulan pada pabrik baru tersebut, enam kali lebih banyak jika dibandingkan dengan kapasitas produksinya saat ini. Tambahan lini perakitan tersebut dilaporkan akan mulai beroperasi mulai bulan depan, namun produksi baru akan ditambahkan secara bertahap.

CEO Largan, Lin En-ping menyebut bahwa pabrik baru ini akan mampu memproduksi modul dengan berbagai lensa, kamera dengan aperture besar untuk kualitas foto pada kondisi pencahayaan redup lebih baik, dan lensa yang diklaim dapat menangani sensor 3D untuk fitur pengenalan wajah.

Kamera belakang Apple iPhone 7 mengusung modul lensa beresolusi 12MP, dan kamera belakang ganda Apple iPhone 7 Plus juga berbekal resolusi yang sama. Phone Arena memprediksi dukungan serupa untuk model penerusnya, yaitu Apple iPhone 8 dan Apple iPhone 8 Plus.

Sementara itu, iPhone X diperkirakan akan menduduki posisi tertinggi terkait kualitas kamera dan megapiksel yang akan mendukungnya, dari seluruh jajaran smartphone yang dihadirkan oleh Apple. Hal ini tidak mengagetkan mengingat iPhone X digadang sebagai ponsel cerdas unggulan Apple.

Apple juga mulai mempromosikan fitur yang akan diusung oleh sistem operasi mobile terbarunya, yaitu iOS 11, melalui jendela Tips pop up yang muncul pada sejumlah model iPhone dan iPad tertentu. Salah satu perubahan besar yang diusung sistem operasi mobile terbaru Apple tersebut adalah dukungannya hanya untuk perangkat 64-bit.


(MMI)