Apple Hanya Gunakan Kamera 12MP untuk iPhone 2018

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 07 Sep 2017 10:47 WIB
apple
Apple Hanya Gunakan Kamera 12MP untuk iPhone 2018
Apple dilaporkan akan meningkatkan besaran megapiksel yang akan diusung oleh ponsel cerdas karyanya.

Metrotvnews.com: Apple akan meningkatkan besaran megapiksel yang membekali iPhone model 2018, setelah sebelumnya dikabarkan telah memesan seluruh modul lensa smartphone dengan resolusi lebih dari 12MP.

Modul tersebut akan didistribusikan ke lini perakitan di pabrik barunya di Taiwan, yang dimiliki oleh Largan Precision.

Menariknya, Largan disebut sebagai satu-satunya perusahaan yang menciptakan modul untuk kamera smartphone di atas 12MP, berkemampuan untuk memproduksi modul sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan dan diinginkan oleh rakasa teknologi tersebut.

Largan akan memproduksi 600 juta modul lensa per bulan pada pabrik baru tersebut, enam kali lebih banyak jika dibandingkan dengan kapasitas produksinya saat ini. Tambahan lini perakitan tersebut dilaporkan akan mulai beroperasi mulai bulan depan, namun produksi baru akan ditambahkan secara bertahap.

CEO Largan, Lin En-ping menyebut bahwa pabrik baru ini akan mampu memproduksi modul dengan berbagai lensa, kamera dengan aperture besar untuk kualitas foto pada kondisi pencahayaan redup lebih baik, dan lensa yang diklaim dapat menangani sensor 3D untuk fitur pengenalan wajah.

Kamera belakang Apple iPhone 7 mengusung modul lensa beresolusi 12MP, dan kamera belakang ganda Apple iPhone 7 Plus juga berbekal resolusi yang sama. Phone Arena memprediksi dukungan serupa untuk model penerusnya, yaitu Apple iPhone 8 dan Apple iPhone 8 Plus.

Sementara itu, iPhone X diperkirakan akan menduduki posisi tertinggi terkait kualitas kamera dan megapiksel yang akan mendukungnya, dari seluruh jajaran smartphone yang dihadirkan oleh Apple. Hal ini tidak mengagetkan mengingat iPhone X digadang sebagai ponsel cerdas unggulan Apple.

Apple juga mulai mempromosikan fitur yang akan diusung oleh sistem operasi mobile terbarunya, yaitu iOS 11, melalui jendela Tips pop up yang muncul pada sejumlah model iPhone dan iPad tertentu. Salah satu perubahan besar yang diusung sistem operasi mobile terbaru Apple tersebut adalah dukungannya hanya untuk perangkat 64-bit.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.