Sprint Gandeng Samsung Garap Ponsel 5G

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 05 Dec 2018 13:33 WIB
samsung
Sprint Gandeng Samsung Garap Ponsel 5G
Sprint menjadi operator seluler lain yang juga mengumumkan kerja sama dengan Samsung soal smartphone 5G.

Jakarta: Verizon dan AT&T bukan hanya dua operator yang tengah mengembangkan smartphone 5G baru, hasil kerja sama dengan Samsung. Pada ajang Qualcomm Snapdragon Summit, Sprint turut mengumumkan kerja sama menyoal smartphone 5G dengan Samsung.

Operator seluler yang siap bergabung dengan T-Mobile pada tahun 2019 mendatang ini menyebut bahwa perusahaannya sebagai salah satu konsumen terbesar Samsung saat ini. Sprint juga memastikan tengah bekerja sama dengan erat, dengan raksasa teknologi asal Korea Selatan tersebut.

Tidak menjelaskan dengan spesifik menyoal tampilan perangkat baru tersebut, Phone Arena memprediksi bahwa varian 5G dari Galaxy S10+ merupakan kandidat paling potensial sebagai smartphone yang dimaksudkan oleh Sprint.

Sprint juga menyebut bahwa perangkat dengan dukungan jaringan 5G belum akan diluncurkan dalam jumlah banyak pada tahun depan. Dukungan jaringan generasi terbaru disebut baru akan diintegrasikan pada satu perangkat.

Sebelumnya, Sprint juga mengumumkan kerja sama 5G dengan LG, yang dikabarkan akan merilis perangkat 5G pada awal tahun 2019. Belum tersedia banyak informasi terkait dengan perangkat tersebut, meski Sprint mengonfirmasi perangkat akan menawarkan desain berbeda dan mengkilat.

Selain Samsung dan LG, Sprint baru-baru ini mengumumkan kerja sama dengan HTC. Namun, kerja sama ini bukan menyoal smartphone, melainkan guna menciptakan hub mobile cerdas untuk jaringan 5G.

Sementara itu sebelumnya, Verizon mengumumkan perangkat 5G hasil kerja samanya dengan Samsung akan meluncur pada tahun 2019. Sedangkan AT&T mengonfirmasi rencananya untuk merilis ponsel Samsung 5G pada awal tahun depan.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.