Tak Kenal Komputer, Menteri Jepang Pegang Keamanan Siber

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 15 Nov 2018 14:51 WIB
teknologi
Tak Kenal Komputer, Menteri Jepang Pegang Keamanan Siber
Yoshitaka Sakurada. (AFP)

Jakarta: Menteri Jepang yang bertanggung jawab atas keamanan siber mengaku bahwa dia tidak pernah menggunakan komputer selama dia bekerja. Dia juga terlihat tidak mengerti apa itu USB.

Ialah Yoshitaka Sakurada (68), Wakil Ketua dari Badan Strategi Keamanan Siber pemerintah Jepang dan juga menteri yang bertanggung jawab atas Olimpiade dan Paralimpiade yang akan diadakan di Tokyo pada 2020 mendatang.

"Sejak saya berumur 25 tahun, saya telah meminta bantuan para karyawan dan sekretaris sehingga saya tidak perlu menggunakan komputer," kata Sakurada dalam pertemuan parlemen, lapor media lokal. Dia juga terlihat bingung ketika ditanyakan apakah USB digunakan di fasilitas nuklir di Jepang. Komentarnya membuat para regulator oposisi terkejut.

"Sulit untuk dipercaya bahwa seseorang yang tidak pernah menggunakan komputer bertanggung jawab atas regulasi keamanan siber," kata regulator oposisi, Masato Imai, seperti yang dikutip dari The Guardian.

Pengakuan Sakurada juga menuai komentar negatif di dunia maya. "Tidakkah dia merasa malu?" tulis seorang netizen di Twitter.

"Sekarang, semua presiden perusahaan menggunakan PC. Dia bahkan tidak tahu USB itu apa. Ya ampun."

"Jika seorang hacker menyerang Menteri Sakurada, mereka tidak akan bisa mencuri informasi apapun. Memang, inilah pertahanan paling kuat."

Sakurada baru menduduki jabatannya selama satu bulan. Dia ditunjuk pada perubahan kabinet setelah Perdana Menteri Shinzo Abe kembali ditunjuk untuk memimpin partai politiknya.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.