Gandeng Kemendesa PDTT, XL Axiata Beri Pelatihan Teknologi Digital

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 12 Nov 2018 14:24 WIB
telekomunikasi
Gandeng Kemendesa PDTT, XL Axiata Beri Pelatihan Teknologi Digital
XL Axiata mengumumkan kerja sama dengan Kemendesa PDTT dalam pelatihan pemanfaatan teknologi digital untuk perempuan.

Jakarta: XL Axiata mengumumkan kerja sama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) untuk memberikan pelatihan pemanfaatan teknologi digital guna meningkatkan produktivitas pelaku UMKM perempuan dan nelayan di Kabupaten Lombok Tengah.

Pelatihan tersebut berlangsung pada tanggal 3 November 2018 lalu, dan menjadikan perempuan pelaku usaha kecil rumahan dan istri nelayan sebagai target peserta. Tidak hanya di daerah Lombok Tengah, pelatihan ini telah dihelat XL Axiata dan Kemendesa PDTT di daerah Pandeglang pada bulan Oktober 2018 lalu.

“Kami sepakat dengan visi pemerintah yang mendorong pemanfaatan teknologi digital guna memberdayakan potensi ekonomi rakyat di pedesaan dan pelosok daerah seiring dengan terus meluasnya jaringan telekomunikasi," ujar Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih.

Selain itu, pelatihan ini juga disebut XL Axiata sebagai bentuk tanggung jawabnya sebagai operator untuk mempersiapkan masyarakat di wilayah yang tercakup jaringan selulernya, agar memahami dan dapat memanfaatkan teknologi digital sehingga dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Sementara itu, peran perempuan yang tidak kalah penting dalam pengelolaan dan menggerakan ekonmi menjadi alasan XL Axiata dalam memilih perempuan sebagai target pesertanya.

Pelatihan ini dihadirkan melalui program pemberdayaan perempuan milik XL Axiata, bertajuk Sisternet Rumah DIgital untuk Perempuan Indonesia.

Mengusung agenda utama untuk menyebarkan edukasi pemanfaatan teknologi digital bagi perempuan mendukung ekonomi keluarga, Sisternet mengadakan kelas dengan materi digitalisasi UKM melalui pemanfaatan internet dan media sosial. Program ini akan diintegrasikan dengan program berkelanjutan lain yang telah dijalankan XL Axiata.

Program lain untuk masyarakat di daerah tertinggal tersebut seperti penyediakan wifi gratis Gerakan Donasi Kuota untuk asrama dan sekolah di daerah tertinggal yang sudah ditunjuk oleh pihak XL Axiata dan Kemendesa PDTT. Selain itu, program juga akan disesuaikan dengan program pengadaan aplikasi Laut Nusantara.

Pengadaan aplikasi ini bertujuan untuk membantu para nelayan di daerah tertinggal, dengan menyajikan informasi yang bersifat edukasi mengenai potensi dan isu kelautan lainnya.

Selain itu, kedua instansi juga  mengadakan Kelas Literasi Digital dengan materi “Cara Cerdas menggunakan Media Sosial dalam membuat konten positif dan mengenal ciri-ciri berita hoaks” kepada 100 santri di PONPES TAHFIZ MA NIDAURRAHMAN di desa Mekar Damai Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah.

Program ini diharapkan dapat membantu pembentukan generasi muda Indonesia dengan kecerdesaan literasi digital yang tinggi. Dengan demikian, generasi muda Indonesia tidak akan terpengaruh oleh berita palsu atau hoaks dengan mudah.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.