Bukalapak Gagas Pusat Pengembangan Teknologi Cloud dan AI

Cahyandaru Kuncorojati    •    Sabtu, 02 Feb 2019 13:19 WIB
bukalapake-commerce
Bukalapak Gagas Pusat Pengembangan Teknologi Cloud dan AI
Founder dan CEO Bukalapak Achmad Zaky, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Prof. H. Mohamad Nasir, Ak, Ph.D, Rektor Institut Teknologi Bandung Prof. Dr. Ir. Kadarsyah Suryadi berfoto bersama.

Jakarta: Bukalapak mengumumkan pembukaan pusat pengembangan teknologi cloud dan AI (Artificial Intelligence) yang digagas bersama kampus Institut Teknologi Bandung.

CEO & Founder Bukalapak, Achmad Zaky, meyakini bahwa pengembang AI sangat erat kaitannya dengan Revolusi Industri 4.0. Teknologi AI diyakini akan sangat membantu operasional perusaan dan industri di Indonesia ke depannya.

Bukalapak-ITB Artificial Intelligence & Cloud Computing Innovation Center oleh Zaky diciptakan untuk mendukung talenta lokal dari kampus tersebut, yang bisa dimanfaatkan sebagai laboratorium riset bagi mahasiswa, dosen, maupun peneliti di Indonesia khsusunya dari ITB yang berfokus di bidang AI dan cloud.

"Tantangan bagi kami saat ini adalah bagaimana mencari talenta teknologi di bidang AI yang dapat berkontribusi untuk Indonesia," jelas Zaky.

"Bukalapak bekerja sama dengan ITB membangun sebuah laboratorium riset AI pertama di Indonesia yang dapat memberdayakan talenta lokal untuk mengembangkan kapasitasnya di tanah air," imbuh Zaky.

Bukalapak-ITB AI & Cloud Computing Innovation Center ini diresmikan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. serta disaksikan oleh Founder and CEO Bukalapak, Achmad Zaky dan Rektor Institut Teknologi Bandung, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA bertempat di Aula Barat ITB, Bandung.

"Kami dari ITB menyambut baik ajakan kerja sama dari Bukalapak untuk membuka sebuah laboratorium riset guna mengembangkan potensi talenta terbaik Indonesia untuk membangun Indonesia. Hal ini sejalan dengan tujuan ITB untuk menjadi Entrepreneurial University," tutur Rektor ITB rof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi.

"Harapan dari kerja sama ini semoga dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan bangsa di bidang teknologi dan inovasi kewirausahaan serta dapat memberdayakan talenta teknologi terbaik dari dalam negeri," tambahnya.

Kolaborasi Bukalapak dan ITB ini bukan yang pertama kali. Sebelumnya Bukalapak juga memperkenalkan BukaBike, layanan peminjaman sepeda dari aplikasi Bukalapak di ITB dengan mode bike-sharing lewat sistem QR code.

"Ke depannya kami juga berencana membangun research & development di beberapa daerah seperti Medan, Yogyakarta dan Surabaya untuk memberdayakan talenta terbaik di daerah tersebut," ungkap Zaky.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.