Baterai Bermasalah, HP Tarik Sebagian Laptop

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 26 Jan 2017 14:15 WIB
hp
Baterai Bermasalah, HP Tarik Sebagian Laptop
Sekitar 101.000 unit laptop HP ditarik dari peredaran di AS

Metrotvnews.com: Produsen laptop HP baru saja dikabarkan mulai menarik beberapa model laptopnya dari peredaran di Amerika Serikat.

Menurut Engadget, penarikan tersebut dikarenakan adanya indikasi kesalahan pada baterai yang bisa mengakibatkan kebakaran. Komisi keamanan produk dan konsumen AS (CPSC) juga dikabarkan sudah mengeluarkan mandat untuk penarikan sekitar 101.000 unit laptop dari peredaran.

Laptop yang diindikasikan memiliki kesalahan pada baterainya adalah HP, Compaq, HP ProBook, HP ENVY, Compaq Presario dan HP Pavilion yang diproduksi antara bulan Maret 2013 dan Oktober 2016.

Konsumen yang memiliki laptop tersebut diminta untuk memeriksa seri baterai yang digunakan. Jika serinya memiliki kode 6BZLU, 6CGFK, 6CGFQ, 6CZMB, 6DEMA, 6DEMH, 6DGAL atau 6EBVA, mereka diminta untuk mengganti baterai secara gratis melalui agen resmi HP.

Menurut laporan CPSC, telah ada beberapa kejadian yang melibatkan laptop HP di antaranya adalah baterai yang cepat panas, meleleh, hingga menyebabkan kebakaran dan kerugian senilai USD1000 (Rp13 juta).

HP sebenarnya telah melakukan penggantian baterai di lebih dari 41.000 laptop pada tahun 2016, namun laporan insiden masih ditemukan sehingga mereka harus menarik perangkat lebih banyak lagi.

Baterai Lithium-ion memang sangat mudah terbakar dan meledak. Insiden Samsung Galaxy Note 7 adalah contohnya. Ini adalah kali pertamanya HP memiliki masalah dengan baterai dan mereka mengatakan siap untuk menarik sejumlah perangkat demi melindungi konsumennya.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.