Baterai Bermasalah, HP Tarik Sebagian Laptop

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 26 Jan 2017 14:15 WIB
hp
Baterai Bermasalah, HP Tarik Sebagian Laptop
Sekitar 101.000 unit laptop HP ditarik dari peredaran di AS

Metrotvnews.com: Produsen laptop HP baru saja dikabarkan mulai menarik beberapa model laptopnya dari peredaran di Amerika Serikat.

Menurut Engadget, penarikan tersebut dikarenakan adanya indikasi kesalahan pada baterai yang bisa mengakibatkan kebakaran. Komisi keamanan produk dan konsumen AS (CPSC) juga dikabarkan sudah mengeluarkan mandat untuk penarikan sekitar 101.000 unit laptop dari peredaran.

Laptop yang diindikasikan memiliki kesalahan pada baterainya adalah HP, Compaq, HP ProBook, HP ENVY, Compaq Presario dan HP Pavilion yang diproduksi antara bulan Maret 2013 dan Oktober 2016.

Konsumen yang memiliki laptop tersebut diminta untuk memeriksa seri baterai yang digunakan. Jika serinya memiliki kode 6BZLU, 6CGFK, 6CGFQ, 6CZMB, 6DEMA, 6DEMH, 6DGAL atau 6EBVA, mereka diminta untuk mengganti baterai secara gratis melalui agen resmi HP.

Menurut laporan CPSC, telah ada beberapa kejadian yang melibatkan laptop HP di antaranya adalah baterai yang cepat panas, meleleh, hingga menyebabkan kebakaran dan kerugian senilai USD1000 (Rp13 juta).

HP sebenarnya telah melakukan penggantian baterai di lebih dari 41.000 laptop pada tahun 2016, namun laporan insiden masih ditemukan sehingga mereka harus menarik perangkat lebih banyak lagi.

Baterai Lithium-ion memang sangat mudah terbakar dan meledak. Insiden Samsung Galaxy Note 7 adalah contohnya. Ini adalah kali pertamanya HP memiliki masalah dengan baterai dan mereka mengatakan siap untuk menarik sejumlah perangkat demi melindungi konsumennya.


(MMI)

In-Ear Headset H2310, Earphone Terjangkau Lain dari HP
Review Earphone

In-Ear Headset H2310, Earphone Terjangkau Lain dari HP

2 days Ago

In-Ear Headset H2310 merupakan earphone dengan harga terjangkau lain dari HP yang memberikan ku…

BERITA LAINNYA
Video /