Apple Tambah Tuntutan untuk Qualcomm

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 26 Jan 2017 15:45 WIB
applequalcomm
Apple Tambah Tuntutan untuk Qualcomm
Apple kembali tuntut Qualcomm (Ng Han Guan / AP)

Metrotvnews.com: Apple kembali menuntut Qualcomm. Kali ini tuntutan Apple dilayangkan langsung di pengadilan properti intelektual Beijing. Dalam tuntutannya, Apple mengatakan Qualcomm telah bermain secara tidak adil dalam operasi bisnisnya.

Menurut Ars Technica, setidaknya ada dua poin tututan Apple kali ini. Pertama, Qualcomm dinilai memanfaatkan posisinya yang mendominasi pasar komponen perangkat mobile. Melalui tuntutan tersebut, Qualcomm diminta membayarkan uang ganti rugi senilai RMB1 miliar atau sekitar Rp1,9 triliun.

Sementara tuntutan kedua mengatakan Qualcomm telah melipatgandakan proses pembayaran lisensi komponennya terhadap Apple. Produsen chip tersebut dikatakan membuat Apple harus membayar dua kali untuk mendapatkan lisensi dari Qualcomm. Apple menganggap hal tersebut membuatnya merugi.

Di sisi lain, pihak Qualcomm menepis semua tuduhan Apple tersebut. Mereka justru menuduh balik Apple agar pihaknya menurunkan harga lisensi komponen.

"Tuntutan kali ini merupakan bagian dari rencana Apple agar mereka bisa mendapatkan lisensi komponen dengan harga yang lebih murah," ujar Qualcomm General Counsel, Dan Rosenberg.

"Kami memperlakukan Apple layaknya mitra binsis kami yang lain. Kami pun siap untuk mempertahankan posisi legalitas kami."

Ini bukanlah satu-satunya tuntutan hukum yang harus dihadapi Qualcomm. Pada bulan desember, pemerintah Korea Selatan melayangkan tuntutan ke Qualcomm karena telah dianggap melanggar peraturan pemberian lisensi dan hak paten. Hal yang sama juga dilakukan oleh komisi perdagangan Amerika Serikat baru-baru ini.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.