Snap Tunjuk 2 Bank Besar Pimpin IPO

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 13 Oct 2016 08:31 WIB
snapchat
Snap Tunjuk 2 Bank Besar Pimpin IPO
CEO Snapchat, Evan Spiegel.

Metrotvnew.com: Snap menunjuk dua bank besar untuk membantunya memimpin proses IPO yang akan dilakukannya. Menurut Bloomberg, Morgan Stanley dan Goldman Sachs menjadi dua bank besar yang terpilih untuk menjalankan penawaran Snap.

Institusi finansial lain seperti J.P. Morgan, Deutsche Bank, Allen & Co., Barclays Plc dan Credit Suisse Group AG dilaporkan juga akan bergabung sebagai pengelola proses pemesanan. Perusahaan yang mengubah namanya dari Snapchat menjadi Snap ini memiliki nilai USD70 juta, menurut laporan pada bulan Februari 2013.

Snap juga berupaya untuk meningkatkan valuasinya menjadi USD25 miliar, melalui proses Initial Public Offering (IPO) yang dilaksanakan pada bulan Maret 2017. Perusahaan yang berawal dari aplikasi jejaring sosial berbasis foto dan video ini juga dikabarkan telah menolak penawaran Google, dengan nilai USD4 miliar.

Peningkatan valuasi menjadi USD25 miliar pada IPO dinilai menguntungkan bagi investor yang menginvestasikan dana di level USD70 juta. Hal ini disebabkan karena investasi tersebut akan memperoleh pertumbuhan modal sebesar lebih dari 350 kali lipat.

Upaya Snap Inc untuk menjual sahamnya ini telah dilakukan sejak akhir Maret lalu. Nilai yang diupayakan Snap Inc ini akan mewakili IPO terbesar yang ditawarkan oleh perusahaan teknologi, menggeser raksasa e-commerce asal Tiongkok yaitu Alibaba Group Holding Ltd.

Dengan lebih dari 150 juta pengguna aktif harian, aplikasi pesan instant ini juga berharap untuk dapat memperoleh keuntungan dari divisi periklanan sebesar USD350 juta pada tahun ini. Harapan ini lebih tinggi sebesar USD59 juta dibandingkan keuntungan pada tahun lalu.

Sementara itu, peluncuran hardware karyanya sendiri menjadi alasan di balik perubahan nama Snapchat menjadi Snap, Inc. Perangkat tersebut berupa kacamata bernama Spectales, yang akan dipasarkan di kuartal keempat tahun ini.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.