Yahoo Kembali Peringatkan Pengguna Soal Peretasan

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 17 Feb 2017 16:09 WIB
yahoo
Yahoo Kembali Peringatkan Pengguna Soal Peretasan
Yahoo mengirimkan peringatan kepada pengguna terkait peretasan yang terjadi selama 2015 dan 2016.

Metrotvnews.com: Yahoo memberikan peringatan kepada pengguna terkait potensi aktivitas berbahaya pada akun mereka antara tahun 2015 dan 2016. Peringatan ini berdasarkan hasil investigasi perusahaan internet ini.

Pada perkembangan investigasi terbaru Yahoo terkait kebocoran massal, ditemukan sebanyak satu miliar data pengguna terungkap beberapa tahun lalu. Yahoo juga mengonfirmasikan telah memberitahukan pengguna bahwa akun mereka berpotensi telah diganggu peretas, meski menolak memberitahukan jumlah pastinya.

Yahoo juga mengaitkan sejumlah kompromi potensial yang digambarkannya sebagai tanggungjawab dari "aktor yang disponsori negara" untuk pencurian data pribadi dari lebih dari satu miliar akun pengguna selama 2013 dan 2014.

Data yang dicuri tersebut termasuk alamat email, tanggal kelahiran, dan jawaban dari pertanyaan keamanan. Musibah kebocoran tersebut menimbulkan pertanyaan terkait dengan keamanan Yahoo, serta mempengaruhi kesepakatan penjualan layanan email, situs dan aplikasi mobile kepada Verizon Communications.

Aktivitas berbahaya yang menjadi pokok peringatan Yahoo kepada pengguna terkait dengan Cookies palsu, data yang digunakan di berbagai web, memungkinkan pengunjung mengakses akun secara online tanpa memasukan password.

Pada peringatannya kepada pengguna, Yahoo menuliskan: "Berdasarkan investigasi yang masih berlangsung, kami percaya cookie palsu telah dimanfaatkan pada tahun 2015 atau 2016 untuk mengakses akun Anda." Peringatan ini diunggah oleh salah satu penerima ke akun Twitter mereka.

Profesor Biologi di Universitas Pennsylvania, Joshua Plotkin menyebut, setidaknya satu dari enam anggota grup laboratoriumnya menerima email ini. Hal ini dinilainya tidak menjamin kebenaran pemberitahuan tersebut, dan baru dapat dipercaya jika penerima email setidaknya sebanyak dua dari enam anggota.


(MMI)

Melirik Perbedaan Spesifikasi Tiga Laptop ASUS ZenBook Baru
Computex 2017

Melirik Perbedaan Spesifikasi Tiga Laptop ASUS ZenBook Baru

7 hours Ago

 Ketiganya juga merupakan laptop yang sangat berbeda, jika dilihat dari desain serta fitur…

BERITA LAINNYA
Video /