AMD dan NVIDIA Kembali Saling Sikut di Q3 2016

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 25 Nov 2016 11:01 WIB
amdnvidia
AMD dan NVIDIA Kembali Saling Sikut di Q3 2016
AMD dan NVIDIA kembali bersikutan di Q3 2016

Metrotvnews.com: Pertarungan antara AMD dengan NVIDIA semakin memanas.

Menurut laporan Jon Peddie Research (JPR), pada Q3 2016 kemarin NVIDIA berhasil merebut pangsa pasar kartu grafis dari AMD meski jumlahnya tidak banyak, yaitu hanya 0,8 persen. Namun, NVIDIA masih menguasai pasar kartu grafis dengan pangsa pasar 70,9 persen. Sementara AMD masih di angka 29,1 persen.

Jika melihat data lainnya dari JPR, NVIDIA memang masih harus waspada karena AMD telah menunjukkan kemampuannya untuk merebut cukup banyak pasar NVIDIA dalam waktu singkat. Berdasarkan data tahun ke tahun JPR, AMD justru yang mengalami peningkatan penguasaan pasar secara signifikan. 

Pada Q3 2015 AMD hanya memiliki penguasaan pasar 18,8 persen, sementara NVIDIA menguasai pasar dengan penguasaan terhadap pasar kartu grafis sebesar 81,8 persen. AMD berhasil menaikkan penguasaan pasar hingga hampir 30 persen, sedangkan NVIDIA jatuh ke angka 70 persen.



Salah satu faktor utama yang membuat penguasaan pasar AMD meningkat drastis adalah dirilisnya kartu grafis Radeon RX 480 yang memiliki performa tinggi di kelasnya, namun hadir dengan banderol harga yang terjangkau. Kartu grafis tersebut juga diklaim sebagai yang paling terjangkau untuk menjalankan game virtual reality.

RX 480 dirilis saat NVIDIA belum memamerkan produk baru di kelas menengah, dan hasil pengujiannya menunjukkan kartu grafis tersebut sangat menjanjikan untuk pengguna kelas menengah yang menurut AMD jumlahnya meliputi 80 persen dari pengguna PC.

NVIDIA masih belum merilis kartu grafis kelas menengah baru saat RX 480 dirilis. Kondisi tersebut yang membuat AMD dengan leluasa menarik konsumen kelas menengah NVIDIA untuk menggunakan RX 480.

AMD juga baru-baru ini dikabarkan akan merilis kartu grafis kelas atasnya dalam waktu dekat, yaitu RX 490. Sementara NVIDIA baru dikabarkan akan merilis GTX 1080 Ti awal tahun depan. 


(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

2 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /