MacBook Terbaru Punya Spesifikasi Lebih Canggih dan Warna Rose Gold

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 20 Apr 2016 09:05 WIB
macbook
MacBook Terbaru Punya Spesifikasi Lebih Canggih dan Warna Rose Gold
MacBook Baru varian rose gold

Metrotvnews.com: Apple kembali merilis laptop MacBook baru dengan varian warna rose gold. Tidak hanya hadir dengan perubahan di sisi penampilan saja, MacBook terbaru ini juga hadir dengan komponen baru yang menawarkan performa lebih baik, penyimpanan lebih cepat, dan baterai yang lebih tahan lama.

Peningkatan performa dan baterai pada MacBook terbaru kali ini salah satunya adalah berkat penggunaan prosesor Intel Core M generasi ke-6 terbaru atau Skylake.

Menurut Wired, penggunaan prosesor Intel Skylake pada MacBook terbaru dapat menghadirkan peningkatan performa hingga 20 persen, serta peningkatan performa grafis hingga 40 persen.

Skylake juga mampu memberikan peningkatan daya tahan baterai pada MacBook yang kini dikatakan bisa melakukan browsing hingga 10 jam dan menonton film hingga 11 jam. MacBook terbaru ini juga masih memiliki berbagai fitur khas yang dimiliki oleh MacBook sebelumnya, seperti teknologi Force Touch dan USB Type-C.



MacBook terbaru kali ini hadir dalam dua varian. Varian terendahnya atau base model menggunakan prosesor Intel Core M3 berkecepatan 1,1GHz dan didukung oleh RAM 8GB serta penyimpanan 256GB dihargai USD1.299 atau sekitar Rp17 juta.

Sementara model tertingginya menggunakan prosesor Intel Core M7 berkecepatan 1,3GHz dan didukung RAM 8GB serta penyimpanan 512GB dihargai USD1.599 atau sekitar Rp21 juta.

Kedua varian tersebut masih memiliki layar Retina 12 inci dengan resolusi 2304 x 1440 pixel. Jika Anda tidak suka dengan warna rose gold, Apple juga masih menyediakan pilihan warna lain untuk MacBook terbaru kali ini, yaitu gold, silver dan space gray.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.