Fujitsu Pertimbangkan Jual Bisnis PC ke Lenovo

Mohammad Mamduh    •    Jumat, 07 Oct 2016 15:07 WIB
lenovofujitsu
Fujitsu Pertimbangkan Jual Bisnis PC ke Lenovo
Ilustrasi: Windows Central

Metrotvnews.com: Sejumlah media di Jepang menyebutkan Fujitsu sedang dalam tahap negosiasi kepada Lenovo untuk menjual divisi bisnis PC mereka.

Belum ada konfirmasi resmi dari pihak Fujitsu, tetapi ada kemungkinan ini menjadi kenyataan, mengingat Fujitsu telah memisahkan divisi tersebut sebagai unit yang berdiri sendiri.

Jika Lenovo berhasil mengakuisisi divisi binis PC Fujitsu, perusahaan tersebut akan semakin mendominasi di pasar PC. Berdasarkan data IDC, saat ini Lenovo menguasai 21,1 persen pangsa pasar secara global.

Untuk pasar Jepang, Lenovo bisa mengambil alih sekitar 40 persen. Market share yang sangat besar karena di pasar tersebut hanya diisi oleh Fujitsu dan NEC.

Jika kita melihat riwayatnya, pada tahun 2000, Fujitsu merupakan peringkat kelima di dunia untuk pasar PC. Tergesernya dominasi mereka sudah pasti disebabkan oleh kemunculan tablet dan smartphone. 

Menurut Ars Technica, pihak internal Fujitsu mengambil banyak langkah untuk memastikan keuntungan tetap datang ke perusahaan. Salah satu langkah itu adalah memisahkan divisi ini menjadi unit bisnis mandiri pada bulan Februari dulu.

Pada awalnya, demi bertahan di industri ini, Fujitsu ingin bergabung dengan VAIO dan divisi bisnis PC Toshiba. Wacana ini menghilang setelah semua pihak tidak ada yang tertarik untuk memegang kendali. Dari sinilah, muncul peluang Lenovo untuk membeli divisi tersebut.

Jika rampung, Lenovo akan mendapatkan tambahan 2.000 karyawan dari bisnis ini.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.