iPhone 7 Kurang Diminati?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 13 Sep 2016 07:25 WIB
iphone 7
iPhone 7 Kurang Diminati?
iPhone 7 gagal menarik perhatian konsumen.

Metrotvnews.com: Apple tampaknya akan kesulitan untuk mendorong konsumen membeli smartphone terbaru mereka, menurut data dari Morning Consult, sebuah perusahaan penelitian.

Saat ini, hanya 10 persen dari pengguna smartphone yang berkata bahwa mereka "sangat tertarik" untuk membeli iPhone 7 saat ia sudah tersedia di pasar. Sementara 15 persen responden mengatakan "agak tertarik" untuk membeli smartphone terbaru Apple.

Lima puluh persen responden -- yang telah melihat, membaca atau mendengar tentang iPhone terbaru -- mengatakan bahwa mereka "sangat tidak tertarik" membeli iPhone 7.



Menurut Fortune, survei yang diadakan pada tanggal 6-8 September ini diikuti oleh hampir 2 ribu orang. Sebanyak 78 persen responden memiliki smartphone. Dari grup tersebut, 60 persen memiliki Android sementara 37 persen merupakan pengguna iPhone.

Apple memperkenalkan iPhone 7 minggu lalu. Smartphone ini memiliki desain yang sedikit berbeda dari generasi sebelumnya dan komponen yang lebih canggih yang Apple klaim akan memberikan performa yang lebih baik dari iPhone generasi sebelumnya. 

Perubahan terbesar yang Apple lakukan adalah menghilangkan port audio. Keputusan Apple ini mendapat banyak kritik dan dianggap sebagai alasan utama Apple akan kesulitan menjual perangkat barunya. Menariknya, data dari Morning Consult menunjukkan bahwa sebagian besar orang tidak peduli apakah ada port audio pada iPhone 7.

Faktanya, sebanyak 28 persen responden menunjukkan bahwa mereka lebih tertarik untuk membeli iPhone 7 karena ia tidak dilengkapi dengan port earphone. Lebih dari 4 dari 10 responden mengatakan, mereka tidak peduli apakah iPhone 7 memiliki port audio atau tidak.



Selain itu, konsumen menyebutkan, mereka akan tertarik untuk membeli iPhone 7 jika ia lebih tipis dari generasi sebelumnya, dilengkapi dengan fitur tahan air dan memiliki baterai yang bertahan lebih lama. Apple mengatakan, iPhone 7 memiliki daya tahan baterai paling lama dari iPhone sebelumnya.

Meskipun begitu, iPhone 7 tampaknya gagal menghasilkan momentum seperti yang dilakukan oleh iPhone 6s yang diluncurkan tahun lalu. Juru bicara Morning Consult berkata, September tahun lalu, sebanyak 33 persen responden berkata bahwa mereka tertarik untuk membeli iPhone 6s. 

Satu hal yang masih belum diketahui adalah alasan ketidaktertarikan konsumen pada iPhone 7. Kemungkinan, mereka mengharapkan fitur atau teknologi baru yang lebih menarik dari Apple dan perusahaan asal Cupertino itu gagal memenuhi ekspektasi konsumen.


(MMI)

Video /