LINE Rilis Pesaing Amazon Echo di Jepang

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 06 Oct 2017 08:39 WIB
line
LINE Rilis Pesaing Amazon Echo di Jepang
Speaker pintar WAVE seri Champ dengan teknologi asisten digital Clova

Metrotvnews.com: Pada perhelatan LINE Conference bulan Juni lalu di Jepang, LINE menyebutkan bahwa mereka juga berfokus di pengembangan asisten digitaldengan kecerdasan buatan. Kemarin, LINE akhirnya resmi merilis teknologi tersebut dalam bentuk speaker pintar yang serupa dengan Echo milik Amazon.

Clova adalah nama dari asisten digital dengan kecerdasan buatan yang dibenamkan dalam speaker pintar milik LINE. Pengembangan ini, menurut LINE Corporation Representative Director sekaligus CEO, Takeshi Idezawa, merupakan implementasi dari visi dan misi perusahaan tersbeut bahwa di masa depan kecerdasan buatan akan dipergunakan di mana saja.



"Pasar smartphone semakin mature dan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan ke depan fungsinya akan menggantikan smartphone, teknologi bisa menjadi pendamping kita sehari-hari sama seperti smartphone yang mengubah hgaya hidup dan berkomunikasi. Nantinya ini akan menjadi cara untuk kami bisa menghadirkan layanan LINE di berbagai area," beber Idezawa saat pertama kali memperkenalkan Clova pada bulan Juni lalu.

LINE memiliki pangsa pengguna terbesar mulai dari Jepang, Taiwan, Thailand, dan Indonesia. Kali ini WAVE smart speaker dengan teknologi Clova dirilis terlebih dahulu di Jepang di harga JPY14.000 atau USD125 lewat e-commerce RAkuten dan Amazon.

Serupa dengan kebanyakan smart speaker yang populer saat ini, WAVE dengan bantuan Clova bisa diperintahkan untuk memutar musik, membacakan pesan yang masuk di layanan LINE atau membuat panggilan, serta perintah atau pertanyaan lain lewat perintah suara.



Perangkat ini hadir dengan dimensi 82,65 x 139 x 201mm dengan bobot 989 gram. Dilengkapi dengan RAM 1GB DDR3 dan memori internal 8GB eMMC untuk konektivitasnya tersedia Wi-FI dan Bluetooth. Smart speaker WAVE dalam video demonya ditunjukkan bisa juga dibawa dalam perjalanan di mobil karena memiliki kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh, tetapi itu berlaku untuk WAVE seri Champ yang hadir dalam bentuk karakter khas LINE.

Idezawa sendiri menyebutkan bahwa rencana teknologi tersebut di Jepang akan lebih dahulu diimpelemntasikan untuk layanan e-commerce mengingat negara tersebut memiliki jumlah toko atau minimarket yang sangat banyak termasuk misal bermitra dengan Rakuten sebagai e-commerce terbesar dan Family Mart sebagai waralaba terbanyak di Jepang.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.