Masuk Indonesia, Laptop HP Spectre 13 Klaim Punya Bodi Tertipis

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 05 Dec 2017 18:13 WIB
hp
Masuk Indonesia, Laptop HP Spectre 13 Klaim Punya Bodi Tertipis
HP meluncurkan laptop terbaru, yaitu Spectre 13, yang diklaim sebagai laptop berlayar sentuh tertipis.

Jakarta: HP resmi meluncurkan laptop terbarunya pada lini Spectre yaitu Spectre 13, diklaim sebagai perangkat tertipis dengan dukungan layar sentuh. Spectre 13 terbaru ini didukung oleh bodi berketebalan 10,4 milimeter.

"Laptop Spectre 13 ini jadi world thinnest touch laptop. HP mengacu pada tiga aspek untuk menghadirkan produk yang terbaik untuk konsumen, yaitu desain, kualitas, dan performance," ujar Chief Operating Officer HP Indonesia Hendry Widjaja.

Untuk menghadirkan layar berukuran 13 inci pada bodi perangkat berlayar 12 inci, HP mempertipis bezel di bagian atas dan samping layar. Jika dibandingkan dengan versi tahun sebelumnya, bezel Spectre 13 hadir dengan ketipisan 65 persen lebih tipis.

Selain itu, layar Spectre 13 juga didukung oleh oleh teknologi Corning Gorilla Glass NBT, serta dibekali resolusi layar 4K. Hal tersebut memungkinkannya menyiarkan konten beresolusi 4K dengan tampilan yang baik.

Untuk urusan spesifikasi, Spectre 13 hadir dengan dukungan prosesor Intel Core i7 generasi kedelapan, SSD PCIe 1TB, dan RAM LPDDR3 berkapasitas 16GB. HP turut membekali laptop ini dengan sensor panas inframerah.

Sensor tersebut bertugas untuk mendeteksi suhu guna meningkatkan kinerja kipas saat suhu melewati ambang batas. Selain itu, HP juga membekali laptop ini dengan alat output audio terintegrasi karya Bang & Olufsen.

Untuk ketahanan baterai, HP mengklaim laptop yang dipasarkan seharga dari Rp23.999.000 ini dapat bertahan selama 11,6 jam. Selain itu, perangkat ini juga telah mendukung teknologi pengisian daya cepat, berkemampuan mengisi baterai dari kondisi kosong hingga penuh dalam waktu 30 menit.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.