Instagram Cegah Swafoto Rusak Lingkungan

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 05 Dec 2017 14:26 WIB
instagram
Instagram Cegah Swafoto Rusak Lingkungan
Tampilan notifikasi peringatan ketika mengunggah atau mencari konten yang berkaitan dengan fauna langka atau dapat merusak lingkungan sekitar.

Jakarta: Hampir seluruh pengguna smartphone sangat menggemari kegiatan swafoto. Sering kali kegiatan tersebut juga bisa mendatangkan masalah, misalnya tanpa sengaja merusak benda di sekitar kita.

Dalam beberapa kasus tidak hanya di luar negeri tapi di Indonesia kegiatan selfie kerap tidak peduli terhadap lingkungan sekitar. Demi mendapatkan foto bagus dan dibanjiri like di media sosial mereka rela merusak lingkungan sekitar, misalnya menginjak kebun bunga dan lain-lain.

Dikutip dari National Geographic, media sosial Instagram kini tidak hanya mencegah unggahan konten negatif, tetapi juga notifikasi ketika unggahan penggunanya berisi unsur yang membahayakan fauna serta lingkungan.

Hal ini dilakukan sebagai bagian edukasi agar pengguna media sosial lebih peduli terhadap lingkungan sekitar ketika membuat unggahan.

Beberapa pengguna media sosial tidak sadar bahwa aksi selfie yang mereka lakukan bisa menggangu jenis fauna tertentu atau termasuk dalam kegiatan penyiksaan.

Instagram menjelaskan bawa setiap unggahan atau pencarian konten dengan hashtag terkait lingkungan atau fauna terutama yang eksotik dan terancam punah atau dilindungi akan membuat Instagram memunculkan pesan peringatan.

Pihak Instagram juga menyebutkan langkah ini akan mendorong layanan mereka menciptakan sebuah komunitas yang lebih sehat.

Salah satunya adalah menekan penjualan hewan apalagi termasuk hewan langka di platform media sosial. Indonesia dan Thailand disebut sebagai negara yang cukup masif memperjual belikan hewan lewat Instagram.


(MMI)

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD
Review Smartphone

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD

1 week Ago

Nokia 2 merupakan smartphone kelas pemula dari HMD. Ini ulasan tentang kelebihan dan kelemahann…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.