Instagram Cegah Swafoto Rusak Lingkungan

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 05 Dec 2017 14:26 WIB
instagram
Instagram Cegah Swafoto Rusak Lingkungan
Tampilan notifikasi peringatan ketika mengunggah atau mencari konten yang berkaitan dengan fauna langka atau dapat merusak lingkungan sekitar.

Jakarta: Hampir seluruh pengguna smartphone sangat menggemari kegiatan swafoto. Sering kali kegiatan tersebut juga bisa mendatangkan masalah, misalnya tanpa sengaja merusak benda di sekitar kita.

Dalam beberapa kasus tidak hanya di luar negeri tapi di Indonesia kegiatan selfie kerap tidak peduli terhadap lingkungan sekitar. Demi mendapatkan foto bagus dan dibanjiri like di media sosial mereka rela merusak lingkungan sekitar, misalnya menginjak kebun bunga dan lain-lain.

Dikutip dari National Geographic, media sosial Instagram kini tidak hanya mencegah unggahan konten negatif, tetapi juga notifikasi ketika unggahan penggunanya berisi unsur yang membahayakan fauna serta lingkungan.

Hal ini dilakukan sebagai bagian edukasi agar pengguna media sosial lebih peduli terhadap lingkungan sekitar ketika membuat unggahan.

Beberapa pengguna media sosial tidak sadar bahwa aksi selfie yang mereka lakukan bisa menggangu jenis fauna tertentu atau termasuk dalam kegiatan penyiksaan.

Instagram menjelaskan bawa setiap unggahan atau pencarian konten dengan hashtag terkait lingkungan atau fauna terutama yang eksotik dan terancam punah atau dilindungi akan membuat Instagram memunculkan pesan peringatan.

Pihak Instagram juga menyebutkan langkah ini akan mendorong layanan mereka menciptakan sebuah komunitas yang lebih sehat.

Salah satunya adalah menekan penjualan hewan apalagi termasuk hewan langka di platform media sosial. Indonesia dan Thailand disebut sebagai negara yang cukup masif memperjual belikan hewan lewat Instagram.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /