Google Temukan Iklan dari Rusia di YouTube dan Gmail

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 10 Oct 2017 12:14 WIB
googlecyber security
Google Temukan Iklan dari Rusia di YouTube dan Gmail
Google dilaporkan menemukan iklan dari Rusia di platform miliknya. (AFP PHOTO / LOIC VENANCE)

Metrotvnews.com: Google menemukan bukti baru bahwa pemerintah Rusia menggunakan berbagai platform mereka untuk menyebarkan propaganda.

Laporan ini muncul setelah laporan tentang penyelidikan yang dilakukan oleh Facebook dan Twitter. Keduanya mengaku telah menemukan iklan propaganda dari pemerintah Rusia di media sosial mereka. Iklan ini ditujukan untuk memengaruhi warga Amerika Serikat menjelang pemilu presiden pada 2016. 

Penyelidikan Google ini masih dalam tahap awal. Google disebutkan masih berusaha untuk memisahkan iklan palsu dengan iklan yang sebenarnya. Menurut laporan The Verge, Google dilaporkan menemukan iklan bernilai puluhan ribu dollar pada berbagai platform mereka, termasuk YouTube, Gmail dan search atau pencarian. 

"Kami punya peraturan ketat terkait iklan, termasuk pembatasan iklan politik dan larangan untuk membuat iklan berdasarkan ras dan agama," ujar juru bicara Google.

"Kami berusaha melakukan penyelidikan lebih mendalam untuk menginvestigasi berbagai usaha untuk menipu sistem kami. Kami bekerja sama dengan para peneliti dan berbagai perusahaan lain dan kami akan memberikan bantuan yang diperlukan dalam penyelidikan ini."

Bulan lalu, Facebook melaporkan bahwa pemerintah Rusia telah membuat iklan senilai setidaknya USD100 ribu sebagai bagian dari propaganda. Kemudian, perusahaan media sosial itu menyebutkan bahwa iklan tersebut menjangkau hingga 10 juta orang.

Perusahaan yang membeli iklan di Facebook merupakan entitas yang berbeda dengan perusahaan yang membeli iklan di Google. Minggu lalu, Twitter juga mengumumkan bahwa mereka telah menghapus 200 akun terkait Rusia. Google dikabarkan menemukan masalah ini ketika mencari data terkait Twitter. 


(MMI)

Andromax Prime, Begini Rasanya Pakai Ponsel 4G Rp300 Ribu
Review Smartphone

Andromax Prime, Begini Rasanya Pakai Ponsel 4G Rp300 Ribu

2 days Ago

Andromax Prime adalah feature phone sekaligus smartphone yang tepat bagi kalangan pengguna laya…

BERITA LAINNYA
Video /