Data Pesawat Tempur dan Kapal Angkatan Laut Militer Australia Dicuri

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 12 Oct 2017 14:12 WIB
australiacyber security
Data Pesawat Tempur dan Kapal Angkatan Laut Militer Australia Dicuri
Data tentang pesawat tempur dan kapal angkatan laut Australia dicuri. ( AFP PHOTO / William WEST)

Metrotvnews.com: Informasi sensitif tentang program pertahanan Australia telah dicuri dalam peretasan siber. Sekitar 30GB data tercuri dalam peretasan terhadap kontraktor pemerintah, termasuk data tentang pesawat tempur baru dan juga perahu untuk angkatan laut. 

Pemerintah menyebutkan, data itu memang merupakan data sensitif secara komersil, tapi bukan informasi militer rahasia. Peretasan ini dimulai pada bulan Juli tahun lalu. Namun, Australian Signals Directorate (ASD) baru mengetahui serangan ini pada November.

Identitas dari sang hacker masih belum diketahui. Menurut BBC, badan keamanan siber Australia menamai sang hacker misterius "Alf", karakter yang ada dalam seri TV Home and Away. 

"Bisa saja salah satu dari beberapa aktor yang berbeda," kata Menteri Industri Pertahanan, Christopher Pyne saat ditanya soal pelaku serangan ini.

"Bisa saja aktor yang di dalangi negara atau bukan. Bisa saja orang yang bekerja untuk perusahaan lain." Satu hal yang pasti, Pyne menegaskan, pencurian data ini tidak akan mengancam keamanan nasional. 

Incident Respons Manager, ASD, Mitchell Clarke, menyebut serangan ini sebagai serangan yang "ekstrem dan ekstensif". Data yang tercuri termasuk data tentang program F-35 Joint Strike Fighter, pesawat transportasi C130 dan pesawat P-8 Poseidon juga "beberapa" kapal angkatan laut. 

Clarke menjelaskan, sang hacker memanfaatkan kelemahan pada software yang digunakan oleh kontraktor pemerintah. Software itu telah tidak mendapatkan update selama 12 bulan. Selain itu, dia berkata, perusahaan teknik kedirgantaraan juga tidak mengganti password dan masih menggunakan password default


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /